Hubungan Housekeeping Dengan Sales Dan Housekeeping Dengan Engineering

Admin
0
Gambar Grand Central Hotel Pekanbaru
Hubungan Housekeeping Dengan Sales

Kerjasama housekeeping dengan sales & marketing berorientasi pada usaha untuk memenuhi permintaan khusus dari tamu akan mau datang ataupun tamu yang sudah stay. Secara umum, permintaan tersebut banyak berhubungan dengan keperluan kamar, misalnya setrika, extra
bed, microwave, compliment laundry dan lain sebagainya.


Sales & Marketing
  • Memberitahukan apabila akan ada group yang mengadaan konferensi, seminar, dan lain-lain.
  • Memberitahukan bila ada group yang akan datang dan persiapan apa saja yang harus dilakukan oleh housekeeping terhadap group tersebut.
  • Mengajak calon pelanggan untuk melihat fasilitas kamar melalui show room yang disediakan.
  • Memberitahukan setiap kegiatan perusahaan dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
  • Memberitahukan perusahaan-perusahaan yang menjadi top account hotel saat ini agar karyawan daat melayani mereka lebih baik.
Housekeeping
  • Membantu sales dalam menyediakan permintaan tamu.
  • Mempersiapkan kamar “show room” selalu dalam keadaan bersih dan sia dikunjungi setiap waktu.
  • Menginformasikan setiap perubahan yang ada di kamar agar sales dapat memberikan informasi yang benar kepada tamu.
  • Meng-update total inventory di housekeeping secara periodik, misalnya : total extra bed, kamar show room, dll.
 
Hubungan Housekeeping Dengan Engineering

Selain kerjasama yang erat dengan front office, housekeeping dan engineering juga mempunyai kerjasama yang saling menunjang satu sama lain terutama dalam hal perbaikan dan pemeliharaan inventaris aset hotel baik di kamar maupun area publik.

Engineering bertanggung jawab terhadap perawatan dan perbaikan segala kerusakan peralatan, interior dan eksterior hotel di kamar dan publik area agar kerusakan tersebut diperbaiki secepatnya.

Hosekeeping membantu melaporkan semua kerusakan yang ditemukan untuk diperbaiki secepatnya secara tertulis “form work order”.

Engineering
  • Melaksanakan perbaikan mesin dan peralatan yang digunakan housekeeping.
  • Melaksanakan pekerjaan dari housekeeping berdasarkan Work Order.
  • Melatih karyawan housekeeping untuk menggunakan dan merawat peralatan dengan baik dan benar.
  • Memerbaiki, merenovasi, mendekor ulang kamar dan perlengkapannya.
  • Meminjamkan perlengkapan yang diperlukan pada kamar tamu dan meeting room.
  • Memberitahukan perubahan nomor telepon yang telah diprogram.
  • Meminta ijin bila akan diadakan uji alarm, test genset, lift dan lain-lain.
  • Memberitahukan apabila diadakan pemadaman listrik karena perbaikan mesin.
Housekeeping
  • Membuat work order untuk perbaikan dan dan perawatan peralatan, renovasi kamar dan penataan ulang dekorasi kamar.
  • Meminta bantuan dalam mengoperasikan mesin-mesin ang akan digunakan.
  • Bekerjasama dalam program Preventive Maintenance untuk memperbaharui penampilan dari kamar menjadi lebih baik.



Penelusuran yang terkait dengan hubungan housekeeping dengan departement lain
  • hubungan tata graha dengan departemen lain
  • hubungan masing-masing departemen hotel
  • mengapa kebutuhan persediaan housekeeping memerlukan departemen lain
  • hubungan kerja front office dengan food and beverage department
  • hubungan kerjasama hrd dengan departemen lain di hotel
  • hubungan accounting dengan departemen lain
  • departemen housekeeping
  • hubungan kerja room section dengan departemen lain

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close