Gambar Batiqa Hotel Pekanbaru |
Hubungan Housekeeping Dengan Security
Kerjasama housekeeping
dengan security bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi tamu yang sedang
menginap maupun tamu yang akan datang ke hotel. Rasa aman dan nyaman merupakan
usaha mencegah terhadap segala sesuatu yang dapat merugikan tamu dan hotel
misalnya pencurian, perampokan, pengerusakan, kebakaran, dan lain-lain.
Sejak isu terorisme mengguncang dunia dengan hancurnya gedung WTC di New York pada 11 September 2001, kemudian ledakan bom di hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton Jakarta menyebabkan isu security ini menjadi sangat penting dan menggeser paradigma tamu terhadap keamanan.
Sejak isu terorisme mengguncang dunia dengan hancurnya gedung WTC di New York pada 11 September 2001, kemudian ledakan bom di hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton Jakarta menyebabkan isu security ini menjadi sangat penting dan menggeser paradigma tamu terhadap keamanan.
Sejak peristiwa itu, manajemen hotel berlomba-lomba mengadopsi dan menggunakan system teknologi securiy misalnya Metal Detector untuk mendeteksi bahan-bahan peledak, CCTV untuk memonitor melalui kamera, Anjing Pelacak dan lain-lain.
Sama seperti kebersihan adalah tanggung jawab semua karyawan, maka keamananpun bukan hanya tanggung jawab departemen security saja tetapi tugas semua karyawan.
Security
- Melakukan pengamanan seluruh area Hotel dan ikut memantau kamar-kamar tamu, terutama yang dihuni agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta memantau keluar masuknya tamu di kamar hotel dan mengawasi tamu-tamu yang mencurigakan.
- Melakukan “body checking” karyawan-karyawan pada saat masuk dan keluar dari hotel.
- Menindaklanjuti laporan barang-barang yang hilang baik dalam kamar maupun di luar kamar di area hotel.
- Mengamankan setiap laporan kejahatan yang ada di area hotel.
Housekeeping
- Melaporkan kepada security apabila ada tamu yang mencurigakan.
- Memberitahukan kepada security bila ada tamu VIP yang check in.
- Melaporkan jika ada bawaan barang-barang keluar hotel
(khususnya milik housekeeping) untuk keperluan out side catering, meeting dan lain-lain.
- Melaporkan kepada security apabila ada tamu yang mencurigakan.
- Memberitahukan kepada security bila ada tamu VIP yang check in.
- Melaporkan jika ada bawaan barang-barang keluar hotel
(khususnya milik housekeeping) untuk keperluan out side catering, meeting dan lain-lain.
Hubungan Housekeeping Dengan Front Office
Front Office
- Memberikan laporan kamar – kamar yang check out supaya dibersihkan
- Memberikan laporan kamar – kamar yang Expected Arrival
- Memberikan laporan kamar – kamar yang Expected Departure
- Memberikan laporan kamar yang di block untuk tamu VIP
- Memberikan laporan kamar yang pesan Extra Bed
- Memberikan laporan perpindahan kamar
- Memberitahukan Complain dari tamu tentang kondisi kamar
- Menagihkan pembayaran barang yang rusak atau hilang oleh tamu
- Memberikan informasi forecase occupancy
Housekeeping
- Membersihkan kamar – kamar yang check out supaya bisa dijual oleh Front Office
- Mempersiapkan Extra Bed dan mengirimkan bill nyal ke Front Office untuk ditagihkan
- Membuat laporan House keeping Report
- Membuat laporan Room Discrepancy
- Menginformasikan kamar – kamar yang tidak bisa dijual atau OUT OF ORDER
- Menyiapkan kamar – kamar Expected Arrival dan kamar VIP
- Menginformasikan kamar – kamar yang sudah dibersihkan dan siap untuk dijual
- Memberikan laporan tentang barang tamu yang tertinggal di kamar
- Memberitahukan barang yang rusak atau hilang di dalam supaya di tagihkan kepada tamu
Penelusuran yang terkait dengan hubungan housekeeping dengan departement lain
- hubungan tata graha dengan departemen lain
- hubungan masing-masing departemen hotel
- mengapa kebutuhan persediaan housekeeping memerlukan departemen lain
- hubungan kerja front office dengan food and beverage department
- hubungan kerjasama hrd dengan departemen lain di hotel
- hubungan accounting dengan departemen lain
- departemen housekeeping
- hubungan kerja room section dengan departemen lain