Penanganan cucian dari kamar tamu umumnya dilakukan oleh room attendant yang bekerjasama dengan valet. Valet adalah petugas seksi di laundry yang bertanggung jawab terhadap pengambilan dan pengembalian cucian tamu.
Penerimaan guest Laundry dari Tamu di Kamar
1. Penerimaan guest laundry (cucian tamu) yang kotorakan dicatat pada laundry list sesuai dengan permintaan tamu. Hal-hal yang dicatat pada laundry listadalah:
- Nomor kamar.
- Nama tamu.
- Jenis pelayanan service yang dinginkan (regular, express, flash).
- Jenis cucian tamu.
- Jenis pelayanan cucian yang diinginkan (laundry,dry cleaning tatau pressing).
- Grand total cucian tamu.
- Tanda tangan petugas.
2. Setelah diperiksa semua cucian tamu dimsukkan ke dalam laundry bag dengan dilampiri laudry list.
3. Laundry bag yang diisi pakaian kotor diikat agar pakaian tidak ada yangtercecer atau hilang.
4. Valet mencatat cucian tamu satu persatu dalam laundry order, pencatatan ini meliputi;
- Tanggal jam pengiriman.
- Nomor kamar.
- Nama tamu.
- Jenis pelayanan cucian tamu (laundry, dry cleaning atau pressing).
- Jumlah cucian tamu.
5. Semua laundry bag dari kamar-kamar tamu dikumpulkan dalam satu trolley dan permintaan tamu khusus (special request) harus dilayani secara cepat dan terpisah.
6. Semua cucian diperiksa dengan teliti agar tidak tombol masalah baik dengan tamu maupun dengan bagian laundry dikemudian hari.
Jadwal Pelayanan Guest laundry
Pelayanan resmi guest laundry dikamar dimulai jam 08.00 sampai jam 20.00. Pelayanan cucian tamu ini ada tiga jenis, yaitu laundry, dry cleaning dan pressing.Menurut waktunya, proses pencucian dapat dibagi menjadi dua, yakni pelayanan one day service (regular service) dan pelayanan special service (express service maupun flash service).
a. Pelayanan one day service (regular)
Pelayanan one day service adalah pelayanan cucian tamu yang dikirim pada pagi hari batas waktu jam 10.00 dan selesai pada sore hari jam 18.00 dengan harga biasa.
b. Pelayanan special service
Special service adalah pelayana cucian pakaian tamu secara cepat yaitu kurang lebih 2 jam harus sudah selesai, dengan harga lebih mahal, yaitu 50 % untuk yang express dan untuk yang flash akan ditambah 100 % dari total pembayaran. Pengiriman cucian kotor milik tamu setelah lewat batas waktu jam 10.00 pagi akan selesai pada sore hari berikutnya.
a. Pelayanan one day service (regular)
Pelayanan one day service adalah pelayanan cucian tamu yang dikirim pada pagi hari batas waktu jam 10.00 dan selesai pada sore hari jam 18.00 dengan harga biasa.
b. Pelayanan special service
Special service adalah pelayana cucian pakaian tamu secara cepat yaitu kurang lebih 2 jam harus sudah selesai, dengan harga lebih mahal, yaitu 50 % untuk yang express dan untuk yang flash akan ditambah 100 % dari total pembayaran. Pengiriman cucian kotor milik tamu setelah lewat batas waktu jam 10.00 pagi akan selesai pada sore hari berikutnya.
Pengembalian Guest Laundry
Pengembalian cucian tamu dilakukan oleh valet setelah disiapkan oleh checker di laundry yang berupa package/folding atau on hanger.Laundry bag/folding/pack yang berisi semua pakaian tamu yang dapat dilipat
a. On hanger
Adalah cucian tamu yang tidak dapat dilipat. Jenis cucian ini digantung pada hanger dan ditutup dengan kantong plastik.Setelah semua cucian tamu pada hari itu siap maka valet memberi tanda pada daftar yang disebut laundry order taker. Untuk memudahkan proses pengiriman cucian ke kamar tamu, valet mengelompokkan cucian tersebut perlantai.
b. Folding/package
Adalah cucian tamu yang dapat dilipat.
a. On hanger
Adalah cucian tamu yang tidak dapat dilipat. Jenis cucian ini digantung pada hanger dan ditutup dengan kantong plastik.Setelah semua cucian tamu pada hari itu siap maka valet memberi tanda pada daftar yang disebut laundry order taker. Untuk memudahkan proses pengiriman cucian ke kamar tamu, valet mengelompokkan cucian tersebut perlantai.
b. Folding/package
Adalah cucian tamu yang dapat dilipat.
Masalah Cucian Tamu
Dalam melayani cucian tamu, tidak jaranng timbul suatu masalah, baik yang berasal dari tamu maupun yang datang dari pihak laundry sendiri. Masalah-masalah yang sering timbul antara lain adalah:
1. Tamu memasanng ”DD” dikamar
Apabila valet tidak dapat memberikan cucian yang sudah dicuci karena tamu memasang “DD” yang menandakan bahwa tamun tersebut tidak mau diganggu, maka valet membuat guest notice yang berarti memberitahukan bahwa cucian sudah selesai dan disimpan di kantor housekeeping.
2. Tamu sudah check out
Jika valet mengalami kesulitan karena tamu sudah check out, maka cucian tersebut disimpan di kantor housekeeping. Jika sewaktu-waktu tamu check in kembali, cucian tersebut dapat diberikan kepada tamu yang bersangkutan.
3. Cucian tamu kurang bersih
Pengalaman ini dapat terjadi, cucian tamu terkena noda pada saat saat proses pencucian atau kurang bersih. Jika hal ini terjadi cucian akan diproses lagi agar noda dapat hilang. Penyelesaian terakhir apabila noda tidak dapat hilang maka pihak laundry akan mengganti sesuai dengan peraturan yang berlaku di hotel.
1. Tamu memasanng ”DD” dikamar
Apabila valet tidak dapat memberikan cucian yang sudah dicuci karena tamu memasang “DD” yang menandakan bahwa tamun tersebut tidak mau diganggu, maka valet membuat guest notice yang berarti memberitahukan bahwa cucian sudah selesai dan disimpan di kantor housekeeping.
2. Tamu sudah check out
Jika valet mengalami kesulitan karena tamu sudah check out, maka cucian tersebut disimpan di kantor housekeeping. Jika sewaktu-waktu tamu check in kembali, cucian tersebut dapat diberikan kepada tamu yang bersangkutan.
3. Cucian tamu kurang bersih
Pengalaman ini dapat terjadi, cucian tamu terkena noda pada saat saat proses pencucian atau kurang bersih. Jika hal ini terjadi cucian akan diproses lagi agar noda dapat hilang. Penyelesaian terakhir apabila noda tidak dapat hilang maka pihak laundry akan mengganti sesuai dengan peraturan yang berlaku di hotel.
Prosedur menangani permintaan tamu
- Greeting sesuai waktu (ucapkan salam), sebutkan jati diri, kemudian tawarkan bantuan.
- Dengarkan baik-baik dan konfirmasikan permintaan tamu, bila perlu catat untuk menghindari kesalahan.
- Beritahukan kepada tamu mengenai ketentuan jangka waktu peminjaman.
- Segera follow up permintaan tamu sesuai dengan jangka waktu waktu yang telah disepakati.
- Laporkan peminjaman peralatan ke housekeeping, masukkan formulir peminjaman barang.
- Identifikasi barang yang di minta.
- Melakukan pemilihan barang.
- Pengiriman barang.
- Meletakkan dan menata barang jika diperlukan sesuai dengan fungsinya.
- Menjelaskan mengenai cara mempergunaksan atau prosedur pemakaian alat sesuai dengan keamanan dan nkeselamatan kerja.
- Beritahukan menngenai standard batas waktu maksimal pemakaian alat sesuai dengan kesepakatan dan akan diambil apabila sudah sesuai.
- Menawarkan bantuan lain jika diperlukan.
Penelusuran yang terkait dengan laundry Hotel
- proses pencucian uniform hotel
- pertanyaan tentang laundry hotel
- contoh makalah laundry hotel
- house laundry adalah
- prosedur laundry hotel
- formulir yang ada di laundry
- karakteristik laundry hotel
- alur pelayanan laundry