Pengertian Bell Boy Meliputi Tugas ,Standar Kerja Bell Boy dan Teknik Umum Penanganan Barang Bawaan Tamu

Admin
0
Sumber Gambar : hospitalitystudy.eu

Pengertian Bell Boy.

Bell Boy -  adalah posisi atau bagian yang membantu tamu dalam urusan barang-barang bawaan  dan transportasi. Bell Boy bertanggung jawab dan memastikan bahwa tamu telah mendapatkan pelayanan dan sambutan yang hangat. Bertanggung jawab atas penanganan barang-barang bawaan tamu, transportasi dan informasi telah tamu dapatkan dengan efisien dan sopan serta propesional.

Tugas Bell Boy.

  1. Mengambil dan mengantar barang-barang bawaan tamu saat datang maupun saat tamunya berangkat pulang.
  2. Memberi kode pada barang-barang tamu agar tidak tertukar sengan barang tamu lainnya.
  3. Mengambil dan mengantar barang tamu dengan cepat dan efisien ke dan dari kamar tamu.
  4. Menyediakan pelayanan transportasi kepada tamu.
  5. Membukakan pintu mobil untuk tamu.
  6. Memastikan tidak ada kendaraan yang parker di jalan masuk pintu Lobi Hotel.
  7. Bisa dan siap menjawab segala pertanyaan dati tamu.
  8. Mengantarakan pesan berupa surat atau fax ke kamar tamu.
  9. Dapat menjalankan tugas sesuai dengan yang dibutuhkan.
  10. Mengumpulkan baran-barang tamu.
  11. Menerima tugas-tugas lainnya dari Bell Capten.
  12. Menjga pintu Lobi bebas dari kertas-kertas atau sampah lainnya.
  13. Berdiri dan menjaga pintu masuk Lobi.
  14. Memastikan tidak ada barang bawaan tamu tertinggal dalam taksi saat tamu datng menggunakan taksi.
  15. Memarkir mobil tamu ke area parkir yang telah disediakan.
  16. Membantu tamu dalam memberikan informasi  tentang fasilitas hotel setelah tamu cek in.


Standar Bell Boy.

  1. Membaca Log Book atau buku catatan untuk mendapatkan informasi yang terbaru dan menindak lanjuti hal-hal yang perlu segera ditindak lanjuti.
  2. Menghadiri pertemuan setiap pergantian  shift.
  3. Selalu tersenyum dan ramah.
  4. Menyambut tamu dengan ucapan salam yang hangat dan lembut.
  5. Menyapa tamu dengan memangil namanya.
  6. Memparkir setiap mobil yang datang di lobi ke tempat parker.
  7. Berdiri di area lobi untuk membuka pintu mobil yang masuk.
  8. Selalu mambawa buku catatan.

Jenis-jenis Barang Bawaan Tamu

  1. Trunk - A trunk adalah sebuah tas atau koper besar untuk membawa pakaian dan perlengkapan lain seperti perlengkapan film dan lainnya.
  2. Suit Case - Suitcase biasanya digunakan saat perjalanan untuk membawa pakaian. Tas ini sering dikenal dengan koper pakaian. Bentuknya ada  dua. Hard suitcases terbuat dari  metal atau plastic. Dan soft suitcases terbuat dari kulit, kain atau kain kanvas.
  3. Hand Bag (Satchel) - Sebuah jenis tas yang terbuat dari bahan yang lembut (soft material) seperti kulit, plastik, kain, atau kanvas yang diberi lapisan didalamnya yang mana biasanya tas ini dibawa dengan cara menenteng.  Tas ini biasanya untuk membawa barang-barang yang sifatnya ringan dan sering diperlukan dalam perjalanan (majalah, buku, minyak angin, sisir, handuk, peralatan mandi dsb)
  4. Brief Case - Bentuknya hampir sama dengan hand bag namun biasanya dipakai oleh laki-laki. Tas tangan ini biasanya digunakan oleh para Businessman untuk membawa dokumen, tiket, telephone seluler, surat-surat penting, uang, dsb)
  5. Cosmetic Case (Beauty Case, Vanity Case)  - Tas untuk menyimpan berbagai perlatan kosmetika. Tas ini biasanya dibawa oleh wanita selama dalam perjalanan.
  6. Hat Box - Tas untuk menyimpan atau membawa topi. Biasanya bentuknya menyerupai topi yang dibawa.
  7. Haversack - Tas kanvas untuk membawa pakaian dan atau makanan. Tas ini biasanya dikenal dengan tas tentara.
  8. Val-Pak (Val Case) - Val case adalah sejenis tas pakaian yang dapat dilipat, biasanya tas ini dapat digantungkan.
  9. Traveling Bag (Shoulder-Bag) - Traveling bag adalah tas kecil atau sering disebut tas pundak, biasanya digunakan oleh para pendaki gunung atau anak sekolah. Cara membawanya dengan menggantungkannya dipundak (shoulder).
  10. Garment Bag (Valet bag, Suit bag) - Garment bag biasanya terbuat dari kulit, kain atau plastik. Tas ini biasanya untuk membawa baju jas, jaket, celana dsb dan bisa digantung di hanger.
  11. Golf Case - Tas untuk membawa perlengkapan olah raga golf
  12. Camera Case - Tas untuk membawa perlengkapan foto seperti camera body, lensa, flashes dsb.


Seksi Porter/ Concierge

Administrasi disini lebih dikhusukan pada dokumen pencatatan segala kegiatan yang dilakukan oleh porter/ concierge dalam proses pelayanan tamu.
  1. Luggage Tag - Kartu Tanda Barang yang biasanya digantungkan pada barang tamu agar tidak tertukar
  2. Bell Boy Errand Card - Kartu yang digunakan oleh Bellboy untuk mencatat kegiatan dalam penanganan barang tamu tiba, pindah kamar atau berangkat
  3. Bell Boy Control Sheet - Lembar atau Formulir Pengawasan yang digunakan oleh Bell Captain atau Atasan Langsung  Bellboy untuk mencatat kegiatan Bellboy selama penanganan barang tamu tiba, pindah kamar atau berangkat. Biasanya data yang dicatat pada lembar ini diambil langsung dari Bell Boy Errand Card
  4. Errand Control Sheet - Lembar atau Formulir Pengawasan yang digunakan oleh Bell Captain atau Atasan Langsung  pada Seksi Porter untuk mencatat kegiatan seluruh petugas porter/ concierge selama melaksanakan tugas-tugas pelayanan tamu.
  5. Baggage Claim Check - Baggage Claim Check adalah kartu tanda penitipan barang sementara milik tamu yang disimpan atau dititipkan di gudang penitipan barang (Luggage Store). Kartu ini memuat dua bagian. Bagian depan berisikan informasi tentang data tamu dan barang tamu yang dititip, sedangkan bagian belakang memuat informasi tentang persyaratan penitipan barang dan informasi pengambilan barang.
  6. Luggage Room Book - Luggage Room Book adalah buku pencatatan penitipan barang sementara milik tamu yang disimpan atau dititipkan di gudang penitipan barang (Luggage Store). Buku ini digunakan untuk mencatat seluruh barang tamu yang dititipkan dan yang diambil kembali oleh tamu. Informasi yang terdapat pada buku ini biasanya sama dengan informasi yang terdapat pada Baggage Claim Check (Kartu Penitipan Barang).

Teknik Umum Penanganan Barang Bawaan Tamu

Penanganan Barang
Penanganan barang tamu harus dilakukan dengan hati-hati dan sangat membutuhkan perhatian khusus, Hal ini sering dikenal dengan istilah “handling with care”. Ada beberapa alasan mengapa barang tamu memerlukan penanganan khusus.
  •  Expense - Yang dimaksud dengan Expense (biaya/ ongkos) dalam hal ini adalah dikarenakan barang tamu biasanya bernilai mahal maka memerlukan penanganannya yang hati-hati.
  • Limiting Expenses - Dengan penanganan dan perhatian yang baik selama penanganan barang tamu maka dapat menekan cost atau pengeluaran. Sebab bila bellboy tidak hati-hati dalam penanganan barang tamu dan terjadi kerusakan pada barang, maka owner atau hotel akan bertanggung jawab dan mengganti barang tersebut
Metode Penanganan Barang (Handling Methods)
1.Lifting - Yang dimaksud dengan Lifting adalah teknik mengangkat barang tamu. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam mengangkat barang bawaan tamu.
Memeriksa Tanda Barang TamuBellboy harus memperhatikan kondisi barang dan tanda penanganan barang, seperti :

2.Stacking
Stacking adalah teknik meletakkan atau menumpuk barang dengan cara yang benar dan tepat untuk menghindari kerusakan atau keretakan pada barang.
  • Placing the hard bag under the soft one - Menumpuk dan meletakkan tas/ barang yang paling keras dibagian bawah
  • The thick bag under the thin one -  Menumpuk dan meletakkan tas/ barang yang paling tebal dibagian bawah
  • The big bag under the small one - Menumpuk dan meletakkan tas/ barang yang paling besar dibagian bawah
Teknik meletakkan barang tersebut juga berlaku bagi bellboy bila meletakkan barang pada kereta barang dan pada bagasi bus atau taxi.



Demikian Artikel Tentang Pengertian Bell Boy Meliputi Tugas ,Standar Kerja Bell Boy dan Teknik Umum Penanganan Barang Bawaan Tamu.Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa di Share untuk teman kamu yang membutuhkan.

Penelusuran yang terkait dengan cara mengantar tamu Bell Boy
  • layanan bell desk
  • kapan seorang bellboy menandai barang bawaan tamu
  • bell desk counter berada pada bagian dalam area lobby hotel yang di koordinasi oleh seorang
  • tugas bellman mencari tamu yang tidak sedang berada di kamar disebut
  • percakapan bellboy mengantar tamu ke kamar bahasa indonesia
  • dalam menangani barang bawaan tamu ada beberapa hal yang harus diketahui yaitu
  • percakapan bellboy dengan tamu
  • cara menangani barang bawaan tamu

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close