Pengertian Food & Beverage Service
Dalam dunia sekarang ini, industri jasa makanan & minuman telah berkembang banyak, sesuai perhitungan itu melayani lebih dari 100 juta kali makan per hari. Hal ini telah menyebar di semua lapisan kehidupan mulai dari Hotel, restoran, kantin industri, kantin rumah sakit, kereta api, saluran udara, semua kini menjadi bagian dari industri jasa makanan & minuman.
Fungsi dasar dari industri ini adalah untuk melayani makanan & minuman untuk orang, untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan mereka. Tujuan utama adalah untuk mencapai kepuasan pelanggan. Kebutuhan pelanggan yang mungkin akan berusaha untuk memuaskan adalah:
Fungsi dasar dari industri ini adalah untuk melayani makanan & minuman untuk orang, untuk memenuhi berbagai jenis kebutuhan mereka. Tujuan utama adalah untuk mencapai kepuasan pelanggan. Kebutuhan pelanggan yang mungkin akan berusaha untuk memuaskan adalah:
- Fisiologis : kebutuhan makanan khusus
- Ekonomi : kebutuhan untuk nilai terbaik untuk harga yg dibayarkan
- Sosial : suasana yang bersahabat, terus terang mengungkapkan perasaan
- Psikologis : kebutuhan untuk meningkatkan harga diri
- Kenyamanan : keinginan orang lain untuk melakukan pekerjaan
Kebutuhan ini memainkan berbagai peran besar untuk menentukan faktor, bertanggung jawab untuk menentukan berbagai jenis metode layanan di makanan & minuman industri jasa.
Food and beverage service adalah “food flow” (dari pembelian makanan(purchasing) untuk layanan kepada pelanggan) terutama berkaitan dengan pengiriman dan penyajian makanan untuk pelanggan, setelah selesainya produksi pangan. Kadang-kadang, melibatkan transportasi jika ada pemisahan fasilitas produksi dan pelayanan.
Baca Juga: Pengertian House Man Meliputi Tugas dan Tanggung Jawab
Tugas Dan Tanggung jawab Masing-Masing Jabatan
Dari struktur organisasi F & B Service Departement diatas, dapat dilihat bahwa setiap karyawan atau staff memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Ada pun deskripsi jabatan untuk F & B Service Departement pada Inna Kuta Beach Hotel Cottage and Spa antara lain sebagai berikut:Food and Beverage Service Manager :membidangi seluruh outlet yang ada pada bagian Food and Beverage seperti: Restaurant,Bar,Banquet.Secara garis besar tanggung jawab dan tugas-tugas seorang Food and Beverage Service Manager adalah :
- Mengkoordinasi kegiatan dan oprasional Food and Beverage Service
- Bertanggung jawab dan mengawasi semua kegiatan Food and Beverage Service
- Menangani masalah yang tidak bisa diatasi oleh bawahan
- Menyusun rencana kerja dan melatih bawahan
Supervisor
Tugas dan tanggung jawab seorang supervisor adalah- Bertanggung jawab atas kelancaran oprasional pada bagian masing-masing
- Mempertanggung jawabkan semua tugas kepada atasannya
- Mengontrol dan mengkoordinasikan secara langsung bawahannya di dalam bekerja
Waiter/Waitrees
Dijelaskan bahwa tugas utama seorang waiter/s ialah melayani tamu yang akan makan dan minum direstoran. Disamping tugas pokok tersebut juga harus melaksanakan yang berhubungan dengan tugas utama yaitu:- Mempersiapkan service equipment.
- Melaksanakan table set-up dan clear up
- Menukar lena yang kotor ke lena room.
- Mengambil barang-barang kegudang.
- Mengambil pesanan tamu.
- Menyajikan pesanan kepada tamu.
Selain itu juga harus bertanggung jawab
atas kebersihan dan keselamatan dirinya dan tempat kerja nya, dan
keamanan kerjanya. Tanggung jawab yang lain seperti :
- Bertanggung jawab kepada head waiter.
- Bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapian area kerja dan bar.
- Bertanggung jawab atas inventaris peralatan dan perlengkapan pelayanan.
Bar Waiter/Waitrees
Tugas dan tanggung jawab Bar Waiter adalah sebagai berikut :1. Sebelum bar buka:
- Bersama-sama Bartender membersihkan dan menjaga kebersihan ruangan bar, counter, meja, kursi dan sebagainya.
- Menjaga agar udara didalam bar tetap terasa segar dan nyaman
- Bekerja sama dengan bartender mengambil macam-macam minuman dari gudang, perishable( lemon, eggs ), barang-barang groceries seperti juices, peanut, potato & cassava chips, condiment, syrup, sugar dll.
- Mengeset meja bar dengan cocktail paper napkin yang telah dilipat dan diatur rapi dalam paper napkin stand, ashtray, drink list, tend cards dan vase of flower.
- Membantu Bartender menyiapkan gelas-gelas bersih, potato chips, peanuts dan sebagainya.
- Mengatur, merapikan letak meja dan kursi, dan sebagainya.
2. Waktu bar buka:
- Menyambut tamu dengan ramah dan sopan
- Mempersilahkan tamu duduk
- Mengambil pesanan minuman
- Menyajikan minuman yang telah dibuat dan disiapkan Bartender kepada tamu dengan ramah, luwes dan sopan.
- Tampil rapi, bersih dan senantiasa menjaga hubungan yang baik dengan para tamu.
- Senantiasa mengucapkan terimakasih kepada tamu-tamu saat meninggalkan bar.
3. Waktu bar tutup:
- Bersama-sama Bartender membersihkan dan merapikan serta membereskan lagi ruangan bar, letak meja kursi dan lain sebagainya.
- Mengumpulkan gelas-gelas kotor serta botol-botol kosong.
- Mematikan lampu-lampu saat mau pulang, begitu juga konsent yang tidak diperlukan lagi.
- Mematikan AC, mengunci pintu-pintu dan sebagainya.
F & B Secretary
- Membantu menyelesaikan tugas-tugas dari FB Manager
Baca Juga: Bagian-Bagian Dari HouseKeeping Meliputi Publik area, Room section,Laundry dan Linen (lena/ kain)
Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Food & Beverage Service Beserta Tugas Dan Tanggung jawab Masing-Masing Jabatan .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa di Share. Terimakasih