Pengertian Front Office Manager Via: Klipingku.my.id |
front office adalah salah satu department yang ada di hotel yang mempunyai tanggung jawab atas penerimaan pemesanan kamar, melakukan prosess kedatangan & keberangkatan dan merupakan department yang ada paling depan di hotel.
Selain itu front office merupakan department yang menjadi first impression dan kesan terakhir di hotel yang akan diingat oleh pelanggan. Yang Kita Bahas di sini adalah mengenai Front Office Manager meliputi pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya. Mari Simak di Bawah Ini:Baca Juga: Pengertian Assistant Front Office Manager Tugas dan Tanggung Jawab Assistant Front Office Manager
Front Office Manager
Tugas dan tanggung jawab dari seorang Manager Front Office
adalah Mengawasi, mengatur dan mengontrol semua yang menyangkut operasional
yang ada di Front office departemen. Seorang manager Front Office juga memiliki
tanggung jawab dalam hal mengontrol pemakaian barang-barang yang ada kaitannya dengan biaya operational serta
menjaga standar mutu pelayanan terhadap tamu tetap terjaga dengan baik.
Front Office Manager juga bertanggung jawab dalam hal
kinerja seluruh staff Front office, memastikan bahwa semua staff mematuhi dan
mengikuti semua peraturan perusahaan serta sepenuhnaya peduli terhadap keamanan
dan keselamatan kerja dan efisinsi serta memelihara seluruh fasilitas hotel
yang ada.
Uraian Tugas danTanggung Jawab
1.
Mengusahakan
tercapainya occupancy hotel semaksimal mungkin, di usahakan tanpa mengurangi
average rate sesuai dengan target perusahaan
2.
Memeriksa
/ meneliti reservasi individu maupun grup serta VIP
3.
Memperhatikan
dan menjawab surat – surat yang di tujukan kepada Front Office Manager
4.
Meneliti
ketepatan daily/weekly/monthly occupancy report
5.
Mengadakan
inspeksi ruang secara teratur dengan executive Housekeeper dan Chief
Engineering
6.
Memeriksa
/ meneliti laporan – laporan statistic tamu
7.
Memonitor
kelancaran ketepatan pelayanan check in dan check out
8.
Merumuskan
rekomendasi penyesuaian tariff kamar
9.
Mengadakan
pengecekan secara teratur terhadap competition rate dan room occupancy hotel
lain
10. Meneliti
ketepatan room sales recapitulation, house count sheet, expected arrival dan
departure list
11. Menyiapkan one
year reservation
12. Menangani
pemberian discount special rate
13. Mengarahkan dan
mengawasi pelayanan Front Office Cashier
14. Menyusun rencana
anggaran Front Office Departement
15. Meneliti hasil
inventarisasi fisik
16. Menandatangani
store room requisition dan memonitor pengadaannya
17. Membina hubungan
baik dengan tamu – tamu
18. Membantu
kelancaran operasional dari berbagai kegiatan yang ada kaitan kerja dengan
Front Office Departement
19. Melakukan penilaian
penampilan kerja karyawan / bawahan langsung dan menyetujui hasil penilaian
yang dilakukan oleh bawahan langsung
20. Memonitor
masalah produktivitas kerja dan membuat perencanaan pengembangan personal Front
Office Departemen
21. Menciptakan dan
membina suasana kerja yang sehat
22. Menyelenggarakan
briefing dan meeting
23. Menghadiri rapat
management
Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Front Office Manager Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya, Semoga Bermanfaat Bagi yang Membutuhkan dan Jangan Lupa di Share Keteman Kamu yang Lainnya. Trimakasih
Penelusuran yang terkait dengan tanggung jawab front office manager
- tugas dan tanggung jawab front office manager secretary
- area kerja assistant front office manager
- apa tugas dan tanggung jawab recreation manager
- front office adalah
- tugas dan tanggung jawab food and beverage manager
- tugas front office di perusahaan
- job description front office hotel
- perbedaan front office dan resepsionis