Sumber Gambar : Stocksy.com |
STANDARD OPERATIONAL PROCEDUR
Internal Business Process
Internal Business Process
1. Pelayanan Guest Laundry
Maksud dan Tujuan- Permintaan dari tamu atau dari Room boy untuk melakukan pengambilan Laundry.
- Perintah pelaksanaan Pick up Guest Laundry yang ditetapkan setiap hari dari pukul 08.00-10.00 WIB
- Menerima permintaan / perintah pick up laundry
- Menuju kamar yang memerlukan pelayanan guest laundry.
- Memastikan no kamar dan jumlah dan jenis garmen serta kondisinya, sesuai dengan Laundry List.
- Mencatat no kamar dan waktunya ke dalam Daily Pick up Laundry Report
- Memastikan jumlah sesuai dengan LaundryList, garmen kondisi baik dan tidak cacat., jika ada ketidaksesuaian harus segera diklarifikasikan ke tamu atau ke roomboy untuk persetujuan.
- Memastikan Laundry List dan garmen dalam Laundry Bag telah terikat dengan baik sebelum dibawa ke area marking Laundry Department.
- Membawanya ke area marking Laundry Department un tuk dimarking.
- Guest laundry sampai di area marking Laundry Department.
- Daily Pick up Laundry Report terisi sesuai dengan kenyataan.
- Laundry list ditulis no kamar tamu dan jumlah item dengan spidol sesuai dengan laundry list..
- Laundry bag tidak dalam keadaan robek/rusak
Marking
- Guest laundry sampai di area marking Laundry Department.
- Mengeluarkan sambil menghitung kembali kesesuaian jumlah garmen/pakaian dengan Laundry List dari dalam Laundry Bag.
- Membuat tanda cetak nomor kamar sesuai dengan jumlah pakaian / garmen, dengan menggunakan mesin cetakan nomor (mesin marker) – Mark Numbering
- Menyematkan tanda cetak nomor kamar pada setiap potong pakaian dengan menggunakan Marking Tape
- Setiap potong guest laundry kotor telah disemati tanda cetak nomor kamar.
- Laundry List telah dicek kesesuaiannya dengan garmen/pakaian yang akan dicuci
- Tanda cetak nomor kamar harus menggunakan bahan dan cetakan dari mesin marker.
- Tanda cetak nomor kamar harus dipastikan disematkan dengan kuat.
- Setelah selesai marker diteruskan untuk proses Billing,
- Identifikasi item (warna, merk, size) dicatat di log book setiap kamar dalam satu baris
- Form yang digunakan adalah Laundry List, Valet Pick Up Report, Log Book Spesifikasi Guest Laundry
Billing (Order Taker)
- Laundry List telah dicek kesesuaiannya dengan garmen/pakaian yang akan dicuci.
- Menuliskan ongkos pencucian dan menjumlahkannya sesuai dengan item yang dicuci dan jenis pelayanan yang diinginkan.
- Total ongkos pencucian di laundry list dituangkan ke dalam “Valet Laundry” Voucher.
- Mengisi Daily Sales Laundry Report berdasarkan “Valet Laundry”Voucher.
- Menyerahkan laundry list, Daily Sales Laundry Report dan “Valet Laundry” kepada Laundry Manager untuk diperiksa.
- Setelah diperiksa Laundry Manager, Laundry Attendant mengantar Valet Laundry Voucher , Daily Sales Laundry Report ke FOC untuk di posting.
- Meminta salinan Valet Laundry yang telah ditandatangani oleh FOC untuk file.
- Menyimpan (file) salinan Valet Laundry dan salinan Daily Sales Laundry Report.
- Melaporkan ke Laundry Manager, bahwa billing telah selesai dilakukan dengan menyerahkan File salinan Valet Laundry dan salinan Daily Sales Laundry Report.
- Laundry Manager memeriksa kelengkapan file dan menyimpan di tempat yang aman dan mudah ditemukan
- Proses billing selesai
- Salinan Valet Laundry harus ditandatangani oleh FOC incharge – Stamp Posting
- File salinan Valet Laundry dan salinan Daily Sales Laundry Report tersimpan di kantor Laundry.
Baca Juga: Nama - Nama Alat Yang ada Di laundry Hotel Beserta Penjelasannya
Sorting / Washer
- Setiap potong guest laundry kotor telah disemati tanda cetak nomor kamar.
- Memisahkan dan mengelompokkan guest laundry kotor telah disemati tanda cetak nomor kamar berdasarkan jenis bahan kain, warna, tingkat kekotorannya dan menurut waktu pengerjaan (express, hari ini, atau besok).
- Meletakkan kelompok guest laundry ke tempat pencucian sesuai dengan teknik pencucian yang akan dilakukan.
- Kelompok guest laundry siap untuk dicuci sesuai dengan teknik pencucian dan waktu penyerahan yang akan diterapkan.
Washing
- Kelompok guest laundry siap untuk dicuci
- Melakukan kegiatan pencucian sesuai dengan teknik pencucian yang dibutuhkan.
- Kegiatan pencucian selesai dan cucian dalam keadaan bersih
- Sebelum dicuci diperiksa kembali.
- Teknik pencucian sesuai dengan standar dari teknik pencucian yang diperlukan menggunakan alat dan bahan sesuai dengan standar.
- Cucian tidak terjadi kerusakan dan tidak ada yang tertinggal di alat bantu dalam mesin
- Hasil cucian disortir kembali sebelum dimasukkan ke pengering (tumbler).
Drying/Pengeringan
- Kegiatan pencucian selesai dan cucian dalam keadaan bersih
- Mensortir ulang hasil cucian sebelum dikeringkan.
- Melakukan kegiatan pengeringan dengan teknik pengeringan yang dibutuhkan.
- Mendinginkan cucian apabila sudah kering.
- Kegiatan pengeringan selesai dan cucian dalam keadaan bersih, harum dan kering
- Teknik pengeringan sesuai dengan standar dari teknik pengeringan yang diperlukan dan menggunakan alat dan bahan sesuai dengan standar.
- Cucian tidak terjadi kerusakan dan tidak ada yang tertinggal di mesin tumbler
Pressing
- Kegiatan pengeringan selesai dan cucian dalam keadaan bersih, harum dan kering
- Melakukan kegiatan pressing dengan teknik pressing yang sesuai.
- Kegiatan pressing selesai dan cucian dalam keadaan bersih, harum, kering dan rapi.
- Teknik pressing sesuai dengan standar dari teknik pressing yang diperlukan dan menggunakan alat dan bahan sesuai dengan standar.
- Cucian tidak terjadi kerusakan
Folding, Inspection & Packaging
- Kegiatan pressing selesai dan cucian dalam keadaan bersih, harum, kering dan rapi
- Mengumpulkan dan meletakkan semua pakaian yang sudah dipressing dan dilipat / folded di pigeon hole, sesuai dengan no kamar atau inisial salinan laundry list .
- Melakukan inspeksi terhadap hasil kegiatan dan sekaligus melakukan pengepakan (packaging) sesuai dengan tata cara yang ditetapkan.
- Menyematkan salinan laundry list dan menulis no kamar dengan spidol pada plastik pembungkusnya.
- Meletakkan kembali hasil kegiatan Folding & Packaging di pigeon hole ,atau digantung distanding trolly/standing hanger
- Kegiatan Folding & Packaging selesai dan hasilnya telah terkumpul di pigeon hole sesuai dengan no kamarnya.
- pada salinan laundry list dan paraf petugas. Jika terjadi ketidaksesuaian segera lapor Laundry Supervisor atau Laundry Manager untuk tindakan perbaikan lebih lanjut.üKegiatan inspeksi dibuktikan dengan membubuhkan thickmark (tanda
- Jenis jas, kemeja, gaun dan kaos ber-krah dibungkus dengan plastic suit / jas cover dan digantung dengan hanger.Jenis celana panjang dibungkus dengan plastic trouser suit dan digantung dengan hanger.
- Jenis kaos dan celana pendek dan garmen lain yang berbentuk kecil dan mudah dilipat, dibungkus dengan laudry bag
Valet Delivery
- Kegiatan Folding & Packaging selesai dan hasilnya telah terkumpul di pigeon hole sesuai dengan no kamarnya.
- Menyiapkan (dipastikan bersih dan tidak macet) alat bantu kerja untuk mengantar laundry ke kamar tamu.
- Meletakkan/menggantungkan dan mengatur letak laundry tamu pada alat bantu kerja, sehingga memudahkan pengantaran (efisien sesuai urutan no kamar/floor; dari no. kamar yang terkecil sampai terbesar) dan memudahkan pengambilan nantinya ketika sampai di kamar tamu yang dimaksud.
- Mencatat/menyalin salinan Laundry List ke dalam Valet Delivery Report khususnya untuk : no kamar dan jumlah laundry yang akan diantar.
- Mengantar laundry ke kamar-kamar tamu sesuai dengan Valet Delivery Report.
- Memberikan tanda pada Valet Delivery Report sebagai bukti Valet Delivery telah dilakukan.
- Laundry bersih diterima oleh tamu atau telah berada di kamar sesuai dengan Laundry list
- Laundry dalam jumlah sesuai dengan laundry list, dalam kondisi bersih, rapi, harum, dan dikemas sesuai dengan aturan pengemasan (IK folding & packaging).
- Diterima tepat waktu sesuai dengan jenis pelayanan yang terdapat dalam Laundry List.
- Terdapat bukti tanda terima/tanda bukti pengantaran
2. Laundry Valet
Maksud dan Tujuan
- Memastikan penanganan valet (pengambilan dan pengantaran order) di departemen Laundry dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.
Uraian Kerja
Pengambilan Pakaian Tamu
- Periksa apakah daftar cucian/list ada, telah diisi dengan benar, kalau belum diisi, isilah dengan benar.
- Periksa jumlahnya apakah sesuai dengan yang diisi oleh tamu, kalau jumlah tidak sesuai tulislah jumlah yang benar dan pada daftar cucian dicounter-signed oleh Laundry Supervisor.
- Periksa keadaan pakaian, apakah ada yang rusak / robek, luntur, susut/ciut, kancingnya hilang dan lain-lain. Mintalah persetujuan untuk diproses lebih lanjut dengan mengisi formulir yang disebut “Letter of Confirmation.” Valet juga menandatangani atas nama Laundry Manager
- Tulislah semua pesan tamu dengan mudah dan jelas.
- Periksalah seluruh kantong yang ada pada pakaian dan kembalikan apa saja yang terdapat di kantong langsung pada tamunya, jika tamu tidak ada serahkan pada Lost & Found di Housekeeping Dept. Dan beritahu Duty Manager, Housekeeping supaya membuat Lost & Found List dan ditanda tangani olehnya.
- Bawalah semua cucian yang telah diperiksa tsb ke checker guest laundry untuk segera diproses.
- Letter of confirmation diserahkan ke Laundry Office staff untuk disimpan.
- Tulislah semua cucian yang diambil ke dalam valet pick-up report.
Pengembalian Pakaian tamu
- Isilah Valet Delivery Report Form dengan benar LD (laundry), DC (dry cleaning), PO (press only).
- Sebelum dibawa ke kamar, periksalah bahwa pakaian yang digantung dalam keadaan lengkap dan rapih setrikanya.
- Berikan pakaian langsung pada tamu dan mintalah untuk diperiksa kembali dengan kata-kata yang sopan dan kemudian mintalah tanda tangan tamu sebagai tanda terima pada valet delivery report form.
3. Laundry Checker
Maksud dan Tujuan
- Memastikan penanganan pengecekan dan penandaaan, pengelompokkan order serta kegiatan administrasi checker di departemen Laundry dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.
Uraian Kerja
- Bertugas untuk mengecek dan memberi tanda pada pakaian yang akan dicuci.
- Terlebih dahulu kita harus mencocokkan jenis pakaian dengan yang tertera di list, lalu melihat kondisinya: sobek, luntur dan kancing kurang, lalu diberi tanda/marker dan juga memperhatikan pesan tamunya: minta dilipat/digantung dan dikanji harus diberi tanda khusus.
- Apabila ada pakaian tamu yang rusak sebelum dicuci checker guest akan menyerahkan ke valet dan ditunjukkan dulu ke tamunya dan dilampirkan “Letter of Confirmation”.
- Pakaian yang telah di marker dipisahkan sesuai dengan permintaan tamunya: LD (laundry), DC (dry cleaning), PO (press only) pada ember dan meja tersendiri yang terpisah.
- Setelah pakaian selesai diproses dan dikembalikan lagi ke Checker Guest terus disediakan dan dicocokkan lagi sesuai degan daftar semula.
- Bila saat preparation (penyediaan) ditemukan adanya pakaian yang salah penanganan akan dilaporkan ke Supervisor / Section Head untuk diproses ulang.
- Bila semua pekerjaan telah selesai semua terus membuat laporan di buku Checker Guest Laundry Report.
Petunjuk Pelaksanaan Sortir Menurut Kamar
- Sortir list sesuai dengan nomor urut marker, dan gantungkan pada sorter rack.
- Mensortir pakaian yang perlu digantung dengan mengambil data dari laundry list.
- Tuliskan nomor kamar, nomor marker dan jenis pakaian yang akan digantung pada tiap tiap jenis pakaian yang akan digantung pada tiap-tiap kertas gantungan berikut jumlahnya.
- Masukkan kedalam box (kotak) pakaian yang telah diproses sesuai dengan nomor marker yang tertera di list.
- Cocokkan jumlah, jenis dan quality-nya antara pakaian yang sudah diproses dengan nomor yang ada di list dan apabila sudah sesuai dan cocok maka siap untuk dipacking.
Demikian Mateteri Laudry Perhotelan Tentang Standard Operasional Procedur Laundry Hotel dalam Pelayanan Guest Laundry dan Pengambilan Pakaian Tamu .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa di Share ya. Terimakasih
Penelusuran yang terkait dengan laundry Hotel
- laporan laundry hotel
- proses pencucian uniform hotel
- contoh makalah laundry hotel
- formulir yang ada di laundry
- proses penyetrikaan laundry
- cara mencuci laundry hotel
- harga laundry hotel
- pengertian binatu United