Receptionist
Resepsionis adalah orang yang bertugas sebagai penerima tamu disuatu
perusahaan, kantor, hotel. Area kerja Receptionist/ Front Desk Agent
(FDA) adalah front desk atau meja depan. Ringkasan pekerjaan
Receptionist/ Front Desk Agent (FDA) : menangani registrasi tamu,
memberikan pelayanan sebelum tamu menginap serta menangani check-out
tamu beserta pembayarannya. Atasan langsung Receptionist/ Front Desk
Agent (FDA) : FO Supervisor.
Tugas seorang receptionist hotel adalah :
- Menyambut setiap tamu tamu hotel dengan ramah
- Menjawab telepon berkaitan dengan informasi akan hotel tersebut
- Memberi bantuan petunjuk akan lokasi tempat yang diminta kepada para pengunjung hotel
- Memberikan informasi berkaitan dengan hotel kepada para pengunjung hotel
- Mencatat daftar pengunjung hotel berkaitan dengan check in & check out
- Data entry akan informasi tamu hotel
- Mencatat berbagai informasi yg diperlukan oleh hotel seperti check in check out reservasi dll
- Menyortir surat surat yang masuk ke hotel baik kertas maupun elektronik
- Memberikan citra + image hotel yg baik dan ramah serta profesional
- Memberikan bantuan kepada setiap pengunjung hotel bila diperlukan
- Mengamati & melaporkan aktivitas pengunjung hotel yang mencurigakan bila diperlukan
Bagi receptionist shift malam, ada kemungkinan besar dituntut untuk mampu mengerjakan night auditing dimana ketika malam tiba, receptionist bisa juga bertugas :
- Sebagai petugas keamanan di malam hari
- Mengurus check in check out di waktu malam
- Menerima telepon di malam hari
- Menerima panggilan tamu hotel akan kebutuhan room service
- Menjadi bellboy
- Mengaudit guest ledger
- Memasang pengumuman mengenai room rate + room tax hari itu kepada setiap guest folio (account tamu) di tengah malam (biasa menjelang subuh jam 2 dini hari)
- Memasang or mengganti room rate + room tax buat esok yang dilakukan malam hari
- Mengecek akurasi beban biaya kepada account tamu hotel
- Mengurus pemesanan hotel di malam hari
- Mengurus komplain tamu hotel di malam hari (tepatnya menampung komplain tamu hotel buat disampaikan kepada yg atasan di pagi harinya)
- Koordinasi kebutuhan housekeeping di malam hari
- Mengatasi berbagai situasi darurat yg mungkin terjadi di malam hari
- Mengurusi kebutuhan tamu hotel di malam hari (memesan taxi, mencarikan barang keperluan tamu atau escort girl, dll)
Baca Juga:Pengertian Food And Beverage Meliputi Fungsi, Pembagian, Tujuan dan Tugas dan Tanggung Jawabnya
Pengertian Telephone Operator
adalah Salah satu seksi yang ada di kantor depan hotl yang mempunyai kedudukan yang sama dengan petugas informasi,penerima tamu, pemesanan kamar, pelayanan barang dan kasir kantor depan.Ruang Lingkup telepon operator section
1. Telepon
Operator
adalah salah
satu seksi yang ada pada Kantor Depan Hotel yang mempunyai kedudukan yang sama
dengan petugas informasi, penerima tamu, pemesanan kamar, pelayanan
barang dan kasir kantor depan.
2. Adapun layanan komunikasi yang biasanya diberikan oleh
pihak hotel / telepon operator adalah :
-
Menangani/ menjawab sambungan
telepon masuk (Incoming Call)
-
Menangani panggilan telepon keluar
(Outgoing Call)
-
Memberikan
layanan pengiriman dan penerimaan faksimili
-
Memberikan layanan akses internet
(wire atau spot)
-
Memberikan layanan bangun pagi
(wake-up call/morning call)
-
Memberikan layanan informasi
(hotline)
-
Memberikan
layanan pemutaran hiburan film dan musik ( cuma - cuma atau pasca bayar ) di
kamar tamu dan musik di area publik di hotel
-
Memberikan layanan komunikasi di
dalam hotel (House Call)
-
Menangani
panggilan telepon darurat dan ancaman telepon ( emergency call )
-
Menangani
panggilan pesan di hotel dan pengaturan parkir kendaraan melalui pengeras suara
3. Lokasi telepon operator
Ruang telepon biasanya diletakkan dikamar belakang yang
bersebelahan dengan ruang kasir dan penerima tamu. Untuk memudahkan tamu
meminta sambungan dan menghindari terjadinya “ late charge “ ( tamiu
meninggalkan hotel tanpa membayar ongkos pelayanan telepon. Disamping itu hal – hal yang perlu diperhatikan oleh
Petugas Operator adalah :
-
Terdapat operator rack yang disusun
secara alphabetical.
-
Nama – nama
tamu disusun dengan benar pada rack oprerator
-
Menerima slip
check out dari reception dan memberikan informasi kepada departemen terkait.
-
International
spelling board harus diseragamkan menurut aturan yang berlaku.
-
Harus mempunyai daftar telepon
penting, seperti Bank, Restaurant, Travel Agent, Rumah Sakit , Taxi,
Airport, Hotel, Tempat wisata, dll.
-
Terdapat juga Air – Flight Schedule
Book Internasional dan Domestik, Jadwal keberangkatan kereta api, bus dll.
4.
Tugas pokoknya adalah :
Menangani permintaan sambungan
pembicaraan telepon diantaranya adalah sebagai berikut adalah beberapa jenis
– jenis hubungan telepon dapat dibagi atas :
-
Hubungan antar
departemen atau antar seksi. ; hubungan antara tamu satu dengan tamu yang
lain di dalam lingkungan hotel.
-
Hubungan local.
; Hubungan antara satu daerah dengan daerah lain dalam satu kota.
-
Hubungan
Interlokal.; Hubungan dari satu kota ke kota lain.
-
Hubungan
Internasional. ( Long distance Call ) ; hubungan jarak jauh antar negaraDemikian Artikel Tentang Tugas seorang receptionist dan Telephon Operator Section. Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa di Share Keteman Kamu. Terimakasih.