HOTEL TERMINOLOGY
A
Account (AG)
Suatu
dokumen di mana semua pembayaran dan biaya dari transaksi tamu selama tinggal /
menggunakan fasiltas baik itu makanan, minuman, laundry dan outlet lainnya
dicatat di dalam folio.
Account Payable (AG)
Bagian
Utang ( Dept. Akunting ) bertanggung jawab mencatat pembelian barang yang tidak
dibayar secara tunai serta biaya- biaya yang dikeluarkan.
Account Receivable (AG)
Bagian
Piutang ( Dept. Akunting ) bertanggung jawab membukukan piutang dan bertanggung
jawab atas semua tagihan dan umur piutang.
Accommodation (FO)
Kamar yang digunakan untuk menginap / kamar tamu ( guest
rooms ).
Accommodation Voucher (FO)
Dokumen
yang diterbitkan baik oleh Agen Travel atau Airline untuk menjamin setiap hotel
yang ditunjuk dan memberi wewenang hotel untuk menagih pembayaran akomodasi
tamu. Biasanya menyembutka, mencantumkan nama tamu, Jumlah orang, kedatangan
dan keberangkatan tanggal secara detail, kebutuhan makan, tarif kamar,
instruksi penagihan. Akomodasi Voucher menjadi dokumen rahasia yang tidak harus
diinformasikan kepada tamu.
Additional Charge (AG)
Biaya
tambahan kamar yang dibebankan ke tamu untuk “late check out” atau penambahan
extra bed atau penambahan orang dalam satu kamar.
Adhoc Group (FO)
Istilah
untuk group / kedatangan tamu yang datang "satu kali'' pada saat itu
atau datang tidak teratur .
Ad Hock rate (FO)
Pesanan
kamar dengan harga khusus untuk perusahaan diluar kontrak rate untuk jangka
waktu yang sudah ditentuka.
Adjoining Rooms / Adjacement Room s (FO)
Kamar-kamar
tamu dua kamar atau lebih yang berdampingan “tanpa” dihubungkan oleh pintu, atau satu lantai yang berdekatan,
jadi pemesan kamar dapat saling berkomunikasi secara leluasa dengan rekan atau
keluarganya yang tinggal di kamar yang berdekatan.
Advance Deposits (FO)
Uang
yang dibayar di muka untuk kamar tamu atau pelayanan hotel lainnya, biasanya
oleh kartu kredit atau cash, yang dibayar sebelum tamu tersebut datang /
menginap / ke hotel. Jumlah biasanya sepadan dengan pembayaran penginapan pada
suatu malam (untuk kamar) atau hitungan persentase dari total yang harus
dibayar. Deposit tersebut digunakan untuk mengamankan / menjamin / menggaransi
pemesanan yang diselenggarakan di hotel. Istilah lain adalah “booking fee”.
Affiliated Hotel (AG)
Suatu
hotel yang menjadi bagian dari suatu rantai / bagian lebih besar dan biasanya
dimiliki oleh suatu korporasi, lembaga atau dioperasikan oleh suatu franchisee
mandiri.
Aging (AG)
Istilah
dalam akunting yang menyebutkan tentang pengelompokan periode waktu tagihan
tamu hotel.
Airport Hotel (Gn)
Suatu
hotel yang terletak dekat Bandar Udara. Hotel tidaklah harus dihubungkan kepada
Bandar udara ataupun bersebalahan me atau bahkainkan yang jaraknya tidak jauh
dari Terimal Bandarapun bisa dikatakan airport
hotel.
Hotel Terminologi dari H - Z Bagian 2 Lengkap | E-book Seri Perhotelan
Airport Representative ( Airport Rep ) (FO)
Petugas hotel yang bekerja
di Bandara yang bertugas untuk mencari tamu / menjual.
AKP (Analisa Kebutuhan Pelatihan) (HR)
Adalah
permintaan pelatihan oleh departemen berdasarkan konsisi atau kebutuhan
departemen. Istilah lain ”Training Need”.
A la Carte (FBS)
Daftar
menu lengkap, pemesan dapat memilih beberapa hidangan saja, atau hidangan
disajikan secara lengkap namun dibayar hanya yang dimakan/diminum, hidangan
lain yang tidak dimakan /diminum tidak dihitung. / Makan di mana setiap item
pada menu ini harganya terpisah. Makanan harus dipersiapkan seperti yang
diperintahkan.
Alkali Laundry (Ldy)
Alkali
merupakan formulasi khusus yang digunakan sebelum proses penyabunan dengan
deterjen yang berguna melepaskan noda, kotoran, minyak dari kain sehingga
menghasilkan kualitas cucian yang baik. PH 13
Allotment (FO)
Kamar
hotel yang telah di set, diblock dan dialokasikan untuk tamu yang telah
melakukan reservasi.
All-Suite Hotel (Gn)
Hotel
dengan semua kamar dengan type suite, biasanya suatu area terpisah ( seperti
dipan, kursi atau ruang tamu / makan), Kadang juga didalamnya termasuk
peralatan dapur baik yang berukuran kecil ataupun full kitchen.
Amano Time Control (HR)
Adalah
alat kontrol untuk bukti pelaksanaan patroli, yang mana didalamnya terdapat
“roll paper”. Roll Paper adalah cetakan hasil patroli yang memuat nomer kunci
area, dan jam patroli dilaksanakan.
Amendment (SM)
Perubahan
tempat, ruangan, jumlah, set-up yang telah ditentukan / disetujui dari
pengaturan yang aslinya ke perubahan yang baru. ( untuk hal ini digunakan
format seperti “ form amendment”)
Amendment Reservation (FO)
Koreksi atau revisi
pemesanan.
Amenity (HK)
Sesuatu
yang" ekstra" baik produk atau pelayanan yang diberikan kepada tamu
oleh hotel, Istilah ini dengan luas digunakan untuk menjelaskan shampo,
conditioner, body lotion, bath soap, hand soap, tooth brush, saving kit, sewing
kit, cotton buds, comb, shoe shine dan lain produk yang diletakkan di kamar
mandi / ruang tamu untuk penggunaan dan kenyamanan tamu.
American Breakfast (FBS)
Makan
pagi (sarapan) gaya Amerika, berupa makanan dari telur dan roti, serta irisan-
irisan daging dengan porsi kecil.
American Plan (FBS)
Sistem
pembayaran sewa kamar hotel yang sudah termasuk biaya makan tiga kali sehari,
dengan sajian table d’hole. Di daratan Eropa, cara seperti ini disebut full
pension.
American Service (FBS)
Cepat,
tepat, tamu tidak perlu menunggu terlalu lama. Makanan sudah tersaji di piring
di service tray dari dapur, salads bisa disiapkan di meja dan rolls bisa
disajikan dalam basket ataupun plates. Pelayanan ala America disebut juga Plate Service atau Ready Plate Service, Fungsi waiter/ss hanya menyajikan makanan yang
sudah siap di plate. Service ini juga bisa dilakukan pada acara di Banquet.
Antichlor (Ldy)
Sebuah bahan kimia
yang digunakan untuk membuang kelebihan klorin dari kain setelah pemutihan
dalam proses pencucian.
Apartment hotel (Gn)
Akomodasi
dalam apartemen terbagi beberapa unit dan kamar-kamar dan lebih spesifik
dibanding kamar hotel dimana dalamnya lebih luas dilengkapi dengan fasilitas
tempat memasak ( kitchen set ). Sedang untuk penghuni yang menginginkan makanan
biasanya ada restaurant tersendiri yang terletak dalam gedung atau sekitar
gedung. Kepemilikan apartment bisa pribadi maupun perusahaan.
Aperitif (FB)
Hidangan menggugah
nafsu makan, makanan/minuman pembangkit nafsu makan misalnya sop panas.
Apetiser (Appetizer) (FB)
Makanan pembuka
dalam European Standard Course untuk menimbulkan nafsu makan. Apetiser dapat
berupa dingin atau panas.
APEX ( Advanced purchase excursion ticket ) (Gn)
Pembelian
tiket perjalanan / pesawat yang dilakukan diawal. Tiket pesawat yang harus
dibeli dalam jangka waktu tertentu sebelum keberangkatan dan tidak dapat
dikembalikan, tidak dapat dialihkan juga tidak dapat diuangkan. ( biasanyya
tiket seperti ini adalah tiket-tiket promo )
Appron (FBP)
Adalah celemek
yang dipakai steward dan koki pada saat bekerja guna melindungi pakaian dari
kotoran.
Apprentices (FBS)
Pelajar, murid,
siswa, mahasiswa dari lembaga, sekolah, akademi yang sedang belajar dan
membantu para Fb Service Staff.
Area Responsibility (HK)
Tanggung
jawab area kerja yang dibebankan kepada staff public area untuk suatu rencana
kerja ( progam kerja ) yang terjadwal dan dapat didokumentasikan / direcord
sebagai bahan laporan dan target kerja.
Arrival Date (FO)
Tanggal kedatangan wisatawan ke suatu obyek wisata atau
Negara tujuan wisata.
Arrival List (FO)
Daftar kedatangan tamu.
ASAP (AG)
As soon as possible / Sesegera mungkin.
Assets (AG)
Aktiva
/ harta, data seluruh kekayaan perusahaan yang terdapat pada neraca perusahaan
Audit / Auditing (AG)
Istilah
untuk memeriksa catatan keuangan formal. Pemeriksaan laporan keuangan atau
pemeriksaan lainnya mengenai kebenaran bukti formil maupun bukti materiil atas
suatu transaksi yang bersangkutan
Au Gratin (FBS)
Makanan yang dihidangkan
dengan bubuk keju kemudian dipanaskan dalam oven.
Available Room (FO)
Jumlah kamar tersedia yang
dapat disewa oleh pemesan.
Average Lenght Of Stay (FO)
Rata-rata
masa tinggal, yakni angka yang diperoleh dari jumlah bermalam dari tamu dibagi
dengan jumlah tamu itu dalam jangka waktu tertentu. Atau total lama tamu
menginap dibagi jumlah kamar yang terjual pada periode yang sama.
Average Room Rate (FO)
Biaya
rata-rata sewa kamar, ini menunjukkan pendapatan rata-rata per kamar atau
Rata-rata harga per kamar dengan cara membandingkan antara pendapatan yang
diperoleh dari kamar dengan jumlah kamar yang terjual. Umumnya dihitung secara
harian dan bulanan.
Average occupancy (FO)
Rata-rata
tingkat hunian kamar pada suatu periode tertentu dengan cara membandingkan
antara jumlah kamar yang terjual dibandingkan dengan jumlah kamar yang
tersedia.
B.
Baby Cot / Box (HK)
Tempat tidur tambahan untuk
bayi yang disediakan hotel.
Baby Crib (HK)
Tempat tidur kecil untuk
bayi yang disediakan hotel.
Back to back (HK)
Istilah
yang digunakan untuk tamu rombongan ketika “check out”, meninggalkan group dan
kelompok lain “check in”, pada hari yang sama. Hal ini dikarenakan pememesan
kamar yang terus menerus sepanjang periode tertentu. Istilah lain adalah ”Check in – Check out Group”.
Back Of The House (Gn)
Bagian
hotel yang tidak langsung berhubungan dengan tamu, misalnya ruang dapur,
binatu, ruang peralatan hotel, ruang administrasi, dan lain-lain. Istilah lain
adalah “back office” (Hotel bagian
belakang)
Bacon Fat (FBP)
Lemak babi, diambil dari bagian perut.
Bain
Marie (FBP)
Tempat pemanas
makanan dengan penguapan.
Bakery & Pastry (FBP)
The Baker Shop, yaitu bagian yang mempersiapkan kue-kue
dan hidangan penutup
(dessert).
Baking (FBP)
Merupakan
memasak kering tanpa ditutup, proses ini tidak menggunakan minyak, istilah ini
lebih tepat digunakan untuk proses memasak adonan yang terbuat dari tepung,
kentang atau bahan makanan selain daging atau
unggas.
Bath Tub (Bak
Mandi)
Bak
mandi untuk berendam yang disediakan dalam kamar untuk para tamu yang menginap
di hotel.
Banquette (Banket)
Jamuan
pesta yang diadakan di hotel, dengan penghidangan makanan dan minuman
diruang-ruang khusus.
Banquette Event Order ( BEO) (FBS)
Format
yang dibuat oleh bagian Banquet berdasarkan Confirmation Letter yang telah
disetujui pelanggan, yang merupakan perintah kerja ke bagian terkait dalam
rangka mensukseskan suatu acara yang diminta oleh pelanggan. Format yang berisi
mengenai detail acara suatu perusahaan yang akan dilaksanakan. Ditujukan untuk
seluruh departemen berupa informasi ruang (lay out), makanan dan minuman,
pembayaran, perlengkapan / equipment yang diperlukan, sound system, dekorasi, bunga.
Banquet Rerservation Book (FBS)
Adalah
buku yang didalamnya tertulis bulan, tanggal, waktu, nama ruangan pertemuan,
dan status reservasi (tentative / definite) dimana kita menuliskan /
mencantumkan pemesanan acara.
Bank Account (AG)
Data
rekening hotel yang dipergunakan untuk operasional sehari-hari dan dikenal
dengan hotel system, yaitu : Bank In,
Bank Out.
Bank In (AG)
Adalah
rekening bank yang berfungsi untuk menerima setoran hasil usaha hotel. Setoran
unit hotel ke rekening bank in dapat berupa uang tunai, credit card, cek, bilyet giro,
dan transfer. Semua hasil operasional
(revenue) & non operasional harus disetor seluruhnya ke bank in keesokan harinya (kecuali hari
Sabtu dan hari libur) dan tidak boleh dikurangi untuk keperluan pengeluaran
rutin atau pengeluaran lainnya oleh hotel. Sedang Sabtu dan hari libur, semua
hasil operasional (revenue) harus disetorkan pada hari kerja berikutnya.
Sementara dana disimpan di brankas.
Bank Out (AG)
Adalah
rekening yang digunakan untuk menunjang kegiatan operasional juga pembayaran :
supplier, remunerasi karyawan, dapat berupa uang tunai, cek, bilyet giro, dan transfer.
Bar (FBS)
Kedai
atau restoran yang hanya menyediakan minuman beralkohol kadar tinggi untuk umum
/ tamu hotel.
Barbeque – BBQ (FBS)
Daging
panggang dengan menggunakan alat tertentu, misalnya kambing guling (dibakar di
atas api sambil diputar perlahan-lahan & diberi bumbu).
Bar Par (FBS)
Jumlah
yang ditetapkan untuk masing-masing minuman bar yang akan dihidangkan yang
biasanya di simpan di bar storage. Jumlah ini biasanya berdasarkan dari kosume
harian minuman yang ada di bar.
Barter (Mkt)
Istilah yang lazim
digunakan untuk kegiatan pertukaran produk dengan nilai yang sama.
Bartender (FBS)
Pramusaji minuman di bar,
dan meramu minuman pesanan para tamu bar.
Bath Mat (Keset)
Alas kaki di dalam kamar
mandi yang terbuat dari kain, ijuk atau karet.
Bath Towel (HK)
Handuk Mandi.
Bed and Breakfast (B&B) (FO) (FBS)
Suatu
penginapan / hotel hanya menyediakan kamar dan sarapan / breakfast yang
ditentukan dalam satu trif kamar. ( Room include Breakfast ) hal ini sering
disebut juga sebagai Continental Plan.
Bed Cover (HK)
Kain penutup tempat
tidur yang harus dilipat oleh roomboy / maid ketika tamu akan tidur.
Bedding all bed linen (HK)
Semua linen
tempat tidur, seperti
seprei, sarung bantal, semua selimut, bed
pad, bantal, duvet cover, inner
duvet, bed skirting, bed cover.
Bed Mat (HK)
Lapisan kasur sebelum diberi
lapisan seprei.
Bellboy (FO)
Petugas
bagian depan hotel yang melayani tamu-tamu masuk ke kamar yang dipesannya (
mengurus barang bawaan tamu, paket, informasi transport ) istilah lain dari
“bell man”.
Bell Captain (FO)
Kepada seksi / outlet bell
desk ( kepala bell boy )
Bell desk (FO)
Area / tempat / outlet /
station dari petugas bellboy dan bell captain.
Bellboy Errand Card (FO)
Kartu
yang digunakan oleh bellboy untuk mencatat segala kegiatan yang berhubungan
dengan penanganan barang tamu tiba, pindah kamar atau berangkat, setelah kartu
ini diisi akan segera diberikan oleh bell captain yang selanjutnya akan
dimasukkan ke dalam bellboy control sheet.
Bellboy Control Sheet (FO)
Lembar
atau formulir pengawasan yang digunakan bell captain untuk mencatat kegiatan
bellboy selama penanganan barang tamu tiba, pindah kamar atau berangkat.
Formulir ini di isiberdasarkan data dari bellboy errand card.
Beverage / tanpa alkohol (FBS)
Minuman
yang tidak mengandung alkohol, misalnya dari jenis minuman lembut (soft drink)
: Coca-cola, Pepsi, Cola, Sprite, Fanta, sari buah : nenas, jeruk, alpokat,
kiwi, tomat, teh dalam botol, jahe dalam botol, teh panas, kopi panas, es teh,
coklat dan sebagainya.
Billboard (SM) (Gn)
Papan promosi
Bill Rack (FO)
Rak
yang dipergunakan untuk menyimpan data tamu mulai tamu check in, menggunakan
fasilitas ( bill makan, minum, minibar, laundry dsb ) selama tinggal di hotel
dan disusun berdasarkan nomor kamar.
Bin Card (Gn)
Adalah kartu untuk mencatat keluar masuknya barang di
Store.
Bir ( Beer )
(FBS)
Adalah
segala minuman beralkohol yang diproduksi melalui proses fermentasi bahan
berpati dan tidak melalui proses penyulingan setelah fermentasi. Proses pembuatan
bir disebut brewing. Karena bahan
yang digunakan untuk membuat bir berbeda antara satu tempat dan yang lain, maka
karakteristik bir seperti rasa dan warna juga sangat berbeda baik jenis maupun
klasifikasinya. Kadar alkohol bir biasanya berkisar antara 4- 6 % abv (alcohol by volume; alkohol berdasarkan
volume), meski ada pula yang serendah kurang dari 1% abv maupun yang mencapai
20% abv. (Wikipedia Ind.)
Black Beer :
bir hitam yang dibuat dari malt terlalu matang ( over roasted malt ). Light Beer :
bir biasa yang jernih.
Special Beer : bir
yang dibuat dengan dua kali brewing process, disimpan lebih lama. Draught Beer:
bir yang disiapkan dalam drum barrel / tank dan dikeluarkan dengan
Bantuan tekanan
gas CO2.
Black List (FO)
Sebuah catatan
yang disahkan oleh manajemen hotel untuk orang-orang yang tidak diterima di
hotel ketika datang lagi untuk berbagai alasan.
Blance ( FBP )
Memasak
makanan dengan cepat, dapat dilakukan dengan air dingin, air panas, atau air
mendidih. Memblanching dapat juga dilakukan dengan minyak panas. Tujuannya
memperbaiki warna, menghentikan aktivitas enzim, mengangkat kulit, contohnya
pada tomat yang akan dibuat tahan lama.
Blanket (HK)
Kain selimut yang digunakan untuk making bed.
Blend ( FBS Bar )
Mencampur minuman dan menambahkan juga campuran wiski
selama produksi
Blending ( FBS )
Mencampur bahan yang cair dengan yang keras
Blender ( FBS Bar )
Alat untuk mencampur ( mixer ).
Blocking (FO)
Pemblokiran kamar /
ruangan khusus untuk pemesanan baik pada saat / atau / sebelum hari kedatangan.
Block Booking / Block Room (FO)
Mengacu
pada reservasi awal atau disesuaikan dengan jumlah dan jenis kamar yang ada
diambil dari ketersediaan kamar yang akan digunakan untuk menampung kelompok
besar atau konvensi.
Blocked Space (SM)
Perjanjian dengan
hotel yang menjamin akan alokasi area / ruang meeting untuk tamu- tamu tertentu.
Blower (HK)
Alat yang dipergunakan
untuk mengeringkan carpet setelah dishampoo.
Body Checking (HR)
Kegiatan
memastikan aset perusahaan tidak terbawa oleh staff atau orang, kegiatan ini
dilakukan pada akhir shift atau saat staff / visitor ( pengunjung hotel ) akan
meninggalkan hotel.
Boiling (FBP)
Adalah
cara memasak dalam cairan yang sedang mendidih ( 100 ºC ) dengan air atau kaldu
( stock ), gelembung cairan sampai memecah di permukaan. “Simmering” adalahproses boiling (merebus) yang dilakukan perlahan
(90ºC), ditandai gelembung cairan yang tidak memecah dipermukaan.
Botle Sprayer (HK)
Alat ( botol ) yang
diisi larutan pembersih ataupun chemical lain dan dipergunakan untuk
menyemprotkan larutan ( chemicals ).
Bomb threats Training (HR)
Training penangnan ancaman ledakan bom berbahaya yang
akan datang di hotel.
Bon Go (Ldy)
Bahan kimia ( chemicals ) untuk menghilangkan noda
makanan.
Bonning (FBP)
Salah satu istilah di dapur dengan cara mengeluarkan
tulang dari daging.
Booking (Reservation)
(FO)
Pemesanan tempat-tempat penginapan (hotel, motel,
losmen).
Bowls (FBS)
Mangkok
( wadah kecil ) untuk meletakkan, menyimpan barang, makanan dll. Butter bowl /
untuk trmpat mentega.
Cereal bowl /
untuk menyajikan sereal, bubur. Finger bowl / untuk cuci tangan.
Rice bowl /
untuk tempat nasi / mencetak nasi.
Sugar bowl / untuk tempat gula
Supreme
bowl / untuk tempat shrimp cocktail, ice cream. Soup bowl /
untuk tempat suop kental.
Vegetable bowl /
untuk tempat buah dan sayuran.
Boutique Hotel (Gn)
Bangunan Hotel yang
mempunyai nilai sejarah / historis, klasik, atau ditata antic, remodeled dan
umumnya kurang lebih 30 kamar.
Braising (FBP)
Cara
memasak dengan cairan ( air / kaldu ) yang jumlahnya lebih sedikit dari pad
bahan yang dimasak. Mula-mula daging yang akan dimasak digolongkan bagian
luarny sampai coklat, kemudian memasaknya cairan atau saus dalam sebuah alat
memasak yang tertutup rapat di dalam oven. Braising sangat cocok dilakukan
untuk daging yang keras seperti : daging itik, daging paha, daging rusa yang
berguna melembutnkan serat. Braising juga dilakukan untuk memasak sayuran.
Breakfast (FBS)
Sarapan pagi
Breakfast menu (FBS)
Adalah
informasi berbentuk data daftar makanan yang khusus disiapkan untuk sarapan
pagi.
Bread and butter knife (FBS)
Pisau roti dan mentega.
Bread and butter plate (FBS)
Piring roti dan mentega
Brochure (SM)
Pamplet
/ flayer / brosure / kertas yang berisi informasi ataupun promosi tentang hotel
ataupun fasilitas / event / kejadian yang ada di hotel.
Brushing (HK)
Tehnik
membersihkan lantai keras ( tegel / ubin / semen ) dengan cara disikat
menggunakan mesin “brushing”.
Budget Karyawan (HR)
Adalah
Kebutuhan Karyawan, prakiraan jumlah karyawan yang tertuang dalam analisa
perkembangan karyawan tahunan.
Bufet (Buffet) : (FBS)
Sistem
pelayanan hidangan yang disajikan di meja besar, dan tamu dipersilahkan memilih
sendiri hidangan yang disukainya. Di Indonesia lebih dikenal dengan prasmanan.
Buffing (HK)
Tindakan
menggosok permukaan lantai dengan menggunakan mesin buffing / polishing dan pad
putih.
Bungalow (Gn)
Tempat
peristirahatan yang tidak berbentuk hotel, namun menyediakan
fasilitas-fasilitas penginapan untuk sejumlah orang.
Bus boy / girl (FO)
Membantu
para waiters/ess dalam hal menyiapkan roti, air es, membersihkan alat-alat
kotor dan menata meja. Menjaga persiapan peralatan dan perlengkapan kerja di side- stand dan bertugas pada waktu
senggang menyiapkan table set-up untuk tamu berikutnya.
Business Centre (FO)
Area
/ Outlet di Front Office Department yang berfungsi untuk melayai foto copy,
faximile, Internet, print out, tiketing, keperluan alat tulis kantor maupun
sebagai tempat jualan merchandise.
Business Mix (SM)
Suatu
kombinasi bisnis hotel dari berbagai segmen pasar seperti corporate group,
business transient, leisure and convention.
Butter knife (FBS)
Pisau yang digunakan untuk potong roti atau pisau untuk
mentega.
Butter spreader (FBS)
Pisau untuk mengoles mentega
C.
Cabana (Gn)
Kamar
yang dihubungkan dengan kolam renang, tidak merupakan bagian bangunan inti
hotel, karenanya tidak selalu disediakan fasilitas untuk tidur.
Cafetaria (Gn)
Suatu
pelayanan makanan / tempat makan yang beroperasi di mana para tamu dapat masuk
ke area makanan untuk menerima pemberian makanan dari petugas/staff ataupun
para tamu dapat menunjuk makanan yang diinginkan dan membawa makanan
sendiri-sendiri.
Cancellation (FO)
Pembatalan pemesanan kamar hotel ataupun fasilatas hotel
yang lain.
Canteen (Gn) (HR)
Suatu
pelayanan makanan / tempat makan dimana para tamu dapat mengambil / membawa
makanan dengan tray / baki / nampan / piring / tempat makan dengan menu yang
telah ditetapkan.
Captain Order (FBS)
Format
yang digunakan sebagai permintaan melakukan pekerjaan ke bagian produksi
makanan dan atau minuman serta kasir, yang dibuat oleh Waiter/ss.
Capsule Hotel (Gn)
Suatu
hotel yang kamarnya di ditata dalam satu blok / kotak kecil / model capsule
biasanya terbuat dari plastic ataupun fiberglass berukuran kurang lebih 2 x 1 x
1,25 m. yang hanya cukup untuk ruang tidur. Didalam capsul ini biasanya
dilengkapi fasilitas internet, Mini TV. Model-model seperti ini dikembangkan di
Jepang.
Car Call (FO)
Alat pemanggilan sopir atau
kendaraan di lingkungan hotell
Card Entry System (FO – HK )
Sistem
yang dipergunakan untuk masuk ke kamar tamu maupun area hotel ( guest lift )
menggunakan “teknis sistem kartu” yang telah diotorisasi oleh manajemen ( FO).
Card Key (FO)
Sebuah
kartu plastic / seperti kartu kredit dimana didalamnya mengandung magnetic
strip / barcode ataupun chip yang bisa program untuk digunakan membuka pintu
kamarsebagai pengganti kunci metal. (kunci kartu memerlukan komponen perangakat
kunci elektronik).
Cardex (SM)
Adalah
formulir yang berisi data-data perusahaan serta contact person di perusahaan
tersebut yang dimiliki oleh staf sales sebagai panduan dalam sales call
Car Valet (FO)
Karyawan hotel yang
bertugas memarkirkan mobil tamu yang datang.
Cash Basis (AG)
Pembayaran yang dilakukan
oleh tamu berdasarkan cash / tunai.
Cash Pay Out (AG)
Untuk
mengambil sejumlah uang tunai dari Front Office Cashier dan akan mendebet pada
rekening tamu. Hal ini dilakukan hanya untuk kasus yang sangat khusus dan tidak
mungkin tanpa persetujuan atau Front Office Manager.
Cash Receipt (AG)
Tanda terima pembayaran
tunai.
Cash Received (AG)
Penerimaan uang tunai.
Cassino Hotel (Gn)
Sebuah hotel yang
menonjolkan fasilitas perjudian sebagai fasilitas utama di dalam ruangan /
gedung / hotel.
Central Reservation Office (FO)
Bagian
/ Kumpulan jaringan reservasi yang terpusat dimonitor, terjadwal baik dalam hal
iklan maupun program dan dapat diakses secara langsung oleh masyarakat dan
menyediakan ( pada umumnya freephone) nomor telepon untuk pemesanan baik itu
kamar maupun agenda pertemuan.
Charge (FO)
Nota, tagihan atas rekening
yang dibayarkan
Check-In (FO) (HK)
Tamu
masuk suatu hotel dan mendaftarkan dibagian penerimaan (receptionist) dan
mengakhiri dengan tanda tangan kontrak / persetujuan antara hotel dan tamu
untuk memiliki hunian sementara atau tempat khusus.
Check List (HK)
Daftar pengecekan tamu-tamu
yang menginap di suatu hotel.
Check Out (FO) (HK)
Tamu
pergi meninggalkan hotel setelah menyelesaikan perhitungan rekening/bill atau
Prosedur penutupan atau penyelesaian suatu rekening kamar tamu pada saat
berangkat / check out.
Check Out Time (FO) (HK)
Batas
normal waktu tamu meninggalkan hotel ( normal check out ). Untuk regulasi ini
setiap hotel mempunyai aturan yang berbeda, ada yang jam 12.00, 13.00 atau
bahkan kesepakatan hotel dengan tamu ( untuk kasus ini biasanya terjadi dengan
tamu-tamu group dikarenakan meeting belum selesai atau jam keberangkatan
pesawat yang mundur dan biasanya ada biaya tambahan ).
Chef (FBP)
Kepala dapur di hotel atau
restoran.
Chief steward (FBP)
Kepala bagian yang
bertugas dalam pembersihan dapur dan peralatan masak ( kitchen utencil).
Chinaware (FBS)
Merupakan
suatu hal yang diperlukan untuk alat makan restaurant yang terbuat dari keramik
antara lain : Platter, Plate, Cups, Soucer, Pots, Jugs, Bowls, Ashtray.
Chlorine Bleach, Sodium Hypochloride (Ldy)
Cairan
pengelantang yang memberikan kekuatan pemutih istimewa yang aman bagi cucian
putih. Cairan ini cepat larut dalam air, sehingga proses pelepasan noda
berlangsung cepat, juga bisa menghilangkan bau, sisa kotoran di kain dan
sebagai penghilang kuman. PH 10 – 14. Bleach akan efektif pada larutan air
dengan suhu 50ºC.
City Hotel (Gn)
Hotel
yang terletak di tengah kota, hotel ini pasar tamunya biasanya bisnis, meeting
atau seminar.
City Ledger (FO)
Semua
rekening pembayaran tamu dengan cara kredit yang di tagihkan ke perusahaan
penjamin. Penagihan dilakukan pada perusahaan-perusahaan yang telah disetujui
dan perusahaan membayar tagihan mereka ( City Ledger ) secara bulanan dan telah
diketahui / disetujui oleh bagian Kredit.
Classic menu (FBS - FBP)
Daftar
menu peninggalan jaman kuno ( menu-menu kuno / tradisional ) yang bisa
digunakan
Cleaning Supplies (HK)
Barang-barang
yang dipergunakan untuk alat dan bahan pembersih di masing-masing departement.
Closed Date (FO)
Tanggal
untuk pemesanan sudah penuh karena pada periode itu / periode yang dipesan
kamar dalam keadaan penuh.
Closed Circuit
Television ( CCTV) (HR) (Eng)
Bagian
dari suatu sistem pengawasan hotel, yang menggunakan kamera sebagai alat monitor
( untuk merekam pada video atau DVD perekam ), Alat ini diikuti / serangkaian
dengan alarm dan sistem kontrol akses. CCTV kamera telah digunakan sebagai
suatu ukuran keamanan dan dimonitor staf keamanan dengan suatu bantuan visual /
TV monitor untuk monitoring pengunjung dan staff.
Coating (HK)
Tehnik
membersihkan lantai tertentu ( khususnya kayu / parquete ) dengan cara di
lapisi dengan menggunakan bahan kimia pelapis.
Coffee break (FBS)
Rehat minum / istirahat minum pada saat meeting.
Coffee break menu (FBS)
Adalah
informasi berbentuk data daftar makanan ringan / snack yang ditawarkan kepada
tamu / yang diminta oleh tamu.
Coffee Table (HK)
Meja
kecil di dalam kamar tamu diletakkan dekat kursi ( 1 -2 ) yang digunakan untuk
meletakkan makanan ataupun minuman.
Cold Kitchen / Salad ( FBP) (FBP)
Yaitu atau bagian hidangan
dingin yakni semua persiapan
hidangan pembuka
(appetizer), selada (salad), atau juga hidangan laut (sea food).
Cold Storage (FBP)
Gudang
untuk menyimpan barang yang tidak tahan lama, basah dan mudah rusak. Seperti
sayuran, buah, daging, ikan segar. Istilah lain “refrigerator”. Suhu yang
diperlukan untuk penyimpanan antara lain. Refrigerator (+ 4ºC), Chiller
(+ 0-3ºC), Freezer (+ -18ºC).
Collateral Material (SM)
Jaminan Bahan. Item
baris ini termasuk biaya brosur, Sales kit, peta, denah ruangan / lantai, dan
bahan semacam itu yang digunakan untuk menggambarkan jasa properti.
Commission earnings (SM) (AG)
Uang komisi.
Communication symbols (FO-HK)
Simbol / tanda /
kode yang digunakan dalam “room division” yang berhubungan dengan status kamar
seperti : EA, ED, OC, OD, VD, VC, VR, OO, OS, EB dll.
Company Hot (SM)
Adalah perusahaan yang memiliki jumlah room night
production tertinggi.
Company Medium (SM)
Adalah perusahaan yang memiliki jumlah room night
production menengah.
Company Low (SM)
Adalah perusahaan yang memilki jumlah room night
production yang paling sedikit.
Company New (SM)
Adalah perusahaan baru atau belum sama sekali
mendatangkan bisnis.
Concierge Service (FO)
Istilah
yang digunakan untuk seksi yang melayani barang-barang bawaan tamu baik untuk
tamu yang baru datang, pulang maupun penitipan barang termasuk pelayanan taxi, driver
dan bagian pengawas / petugas pintu depan.
Concierge Store (FO)
Ruang di outlet
Concierge / bell desk yang digunakan untuk menyimpan barang titipan tamu.
Condiments (FBP) (FBS)
Bahan pelengkap
penyedap makanan, seperti: garam, merica, sambal, kecap, saus tomat dan makanan
pendamping untuk makan (contohnya: soto, bubur, dll.).
Conference (SM)
Sekelompok besar
orang yang terorganisir berkumpul dalam satu tempat untuk membicarakan /
memecahkan / mengambil keputusan sebuah permasalahan.
Confirmation Letter (SM)
Format untuk
mengkonfirmasikan bahwa pelanggan dapat menerima syarat dan kondisi yang harus
diterima dalam acara yang akan diselenggarakan.
Contact person(FO)
Orang yang membuatkan pesanan kamar untuk orang lain
(calon tamu).
Content Marketing (SM)
Materi promosi berisi pesan yang akan disampaikan
Contract (SM)
Sebuah perjanjian yang mengikat secara hukum antara dua
pihak.
Cooking (FBP)
Mengolah
hidangan, mencampur semua ingredient dengan timbangan, jumlah ukuranyang tepat
berdasarkan resep atau prosedute masak pada derajat panas dan waktu tertentu.
Coctail (FBS)
Minuman
hasil ramuan dari dua atau lebih jenis-jenis minuman beralkohol (liquor
dicampur dengan sampanye atau dengan alcoholic drinks lainnya).
Coffee Maker (HK)
Adalah
semi-automatic mesin / mesin pemanas untuk digunakan memasak air, membuat kopi
ataupun tea (biasanya alat ini disediakan dikamar-kamar hotel).
Coffee Shop (FBS)
Restoran
yang menyediakan hidangan-hidangan ringan dan cepat dengan peralatan sederhana.
Untuk kawan minum kopi panas biasanya disediakan sandwich, hamburger,snack dan
lain-lain. Istilah lain untuk restaurant.
Collect Call (FO)
Penggunaan
jasa telepon dengan biaya ditanggung oleh penerima telepon itu. Misalnya
seorang wisatawan ingin berkomunikasi dengan keluarganya di Eropa, tetapi
karenabiaya pelayanan telepon cukup mahal, diupayakan agar biaya itu ditanggung
oleh si penerima untuk menanggung biaya pelayanan telepon itu.
Commercial Rate / Corporate rate (SM)
Harga khusus yang diberikan
untuk perusahaan-perusahaan tertentu.
Commision (SM) (AG)
Sejumlah
uang yang dibayarkan ke travel agent, booker atas reservasi yang telah
dilakukan ke hotel ataupun provider credit card untuk “ fee credit card”
Commission earnings (Gn)
Uang komisi.
Complimentary (FO)
Cuma-cuma,
misalnya makanan yang disajikan tanpa dipungut bayaran atau pemakain kamar
tanpa dipungut bayaran.
Complaint Handling (HR) (Gn)
Cara
penanganan keluhan tamu atas kesalahan pekerjaan, pelayanan, fasilitas dan
permasalahan yang berhubungan dengan operasional hotel.
Concierge (FO)
Bagian
suatu organisasi hotel yang melayani tamu-tamu hotel sejak menginjakkan kaki
dipintu hotel hingga saat meninggalkan hotel. Misalnya : Informasi umum,
membukakanpintu kamar penginapan, membawakan barang-barang tamu untuk
dimasukkan ke kamar, dan membawa tamu masuk ke kamarnya. Bagian conciergerie
juga sering memenuhi pesanan para tamu.
Condominium Hotel (Gn)
Sebuah
hotel dengan spesifik model units / kamar, biasanya 1 units ada beberapa kamar.
Pemilik unit boleh tinggal di units untuk selamanya atau menggunakannya sebagai
rumah kedua atau bahkan dapat menyewakan unit tersebut. Tergantunglah pada
kebijakan manajemen perusahaan apakah units tersebut akan disewakan dan
dikelola oleh perusahaan dengan sharing profit atau akan ditinggali sendiri
dengan pengelolaan pengelola gedung atau dikelola, dibersihkan, di-maintenance
sendiri tergantung dari budget pemilik units )
Confirmed Reservation (FO)
Penegasan
dari petugas hotel yang menerangkan bahwa pesanan kamar sudah diterima (via
surat maupun telepon) dengan batas waktu sampai jam 18.00. Namun jika ternyata
setelah jam itu kamar terisi penuh (full house), petugas harus mengupayakan
agar tamu tetap dapat memperoleh kamar di hotel lain (biasanya ada semacam
kerjasama antar hotel mengenai hal ini).
Connecting Room (FO)
Kamar-kamar
yang digabungkan/dihubungkan dengan pintu khusus, sehingga tamu tidak perlu
lewat koridor.
Continental Breakfast (FBS)
Menu
sarapan gaya kontinental terdiri dari minuman (kopi, coklat, susu, teh) panas
yang disajikan bersama roti bakar dan selai (nanas, strobery, jeruk, dll)
continental breakfast gaya Belanda atau Norwegia, selain dihidangkan diatas,
ditambah lagi dengan hidangan keju dan daging/ikan dingin.
Continental Plan (SM):
Tarif
hotel dengan makan pagi, maksudnya tarif yang dikenakan terhadap yang menginap
di hotel itu sudah termasuk untuk makan pagi.
Contracted Rate (SM)
Tarif
yang disetujui oleh kedua belah pihak, terutama tarif yang dikenakan rombongan
dalam jumlah banyak.
Coupon ( Meal Coupon ) (FO)
Kupon
/ Voucher menyebutkan hak tentang pelayanan makanan yang diberikan kepada tamu
dan harus diserahkan kepada staf hotel sebelum mengambil konsumsi tersebut. (biasa
digunakan untuk “breakfast” )
Courtesy Call (FO)
Adalah
komunikasi dan interaksi dengan tamu yang menginap di hotel untuk membeerikan
pelayanan, perhatian yang baik dan menawarkan bantuan tentang hal operasional
hotel. Courtesy call bisa dilakukan lewat telephone.
Convention (SM)
Konvensi
/ Pertemuan komite yang formal dilakukan secara umum dalam sebuah gedung yang
sebagian besar untuk sesuatu informasi dan biasanya pertemuan diadakan tahunan.
Pertemuan ini biasa diadakan oleh asosiasi atau partai politik.
Corporate Rate (SM)
Harga
yang dikhususkan untuk perusahaan tertentu. Harga telah disepakit dalam kontrak
yang biasanya dibuat untuk jangka 1 tahun. Hotel biasanya menjamin kamar
tersedia untuk jangka waktu tertentu.
Corporate Reservation (SM)
Pemesanan dilakukan oleh
perusahaan atau untuk perusahaan.
Corkage (AG) (FBS)
Jumlah
biaya yang ditagihkan ke tamu yang membawa minuman, makanan sendiri dari luar
hotel (terutama anggur dan minuman keras) ke dalam restoran. Biasanya
pembebanan biayanya presentasi harga per botol yang dijual di Bar / Restaurant
Hotel.
Coaching ( HRD)
Adalah
mengajarkan, membimbing, memberikan instruksi kepada seseorang (atau kelompok)
agar dia (atau mereka) memperoleh ketrampilan atau metode baru dalam melakukan
sesuatu untuk mencapai suatu sasaran yang dikehendaki. COACHING : Mengajarkan
ketrampilan atau tugas baru, Coach menunjukkan “apa yang harus dilakukan” dan
“bagaimana melakukannya”, Fokus pada “mengajarkan”, Coach memberikan solusi
untuk permasalahan.
Counseling ( HRD)
Adalah
suatu kegiatan untuk mengubah perilaku, sikap seseorang. Counseling membantu
seseorang untuk menyadari perilaku, sikapnya yang menghambat atau menimbulkan
masalah. COUNSELING :Mengubah sikap atau perilaku, Counselor meneliti sikap
atau perilaku seseorang bersama orang tersebut, Fokus pada “mendengarkan” ,
Counselor membantu orang untuk menemukan solusinya sendiri.
Covers (FBS)
Jumlah orang yang dilayani
dalam satu restaurant / jamuan makan.
Cover Charge
(FBS)
Biaya
yang dikenakan kepada setiap pengunjung yang akan memasuki suatu ruangan untuk
menikmati pertunjukan yang diselenggarakan di tempat itu, misalnya : klab malam
(night club), diskotik (discotheque), dan teater, Cover charge itu tidak
termasuk biaya untuk makanan / minuman yang disajikan selama menonton acaranya.
Crystalisasi (HK)
Tehnik
membersihkan / mengkilapkan lantai jenis marmer dengan mesin polisher
menggunakan bahan kimia tertentu ataupun “marble powder”.
Crumbing down (FBS)
Membersihkan meja dari
sisa – sisa makanan ( crumbs ) ataupun jenis kotoran yang lain di atas meja tamu.
Credit cards(FO)
Kartu
kredit yang biasa dipakai untuk melakukan transaksi dan pengambilan uang tunai
ke bank tertentu sesuai dengan jenis kartunya dan perjanjian antara pemilik
kartu dengan perusahaan yang mengeluarkannya.
Crockery
(Gn)
Peralatan yang
terbuat dari gerabah / tembikar / tanah liat.
Croisant (FBP)
Kroisan, roti yang berbentuk tapak kuda, seperti lambang
huruf Omega.
Croutons (FBP)
Potongan roti yang
dibakar atau digoreng dengan mentega untuk pengirim makan sop panas.
Cross Training (HR)
Training / pelatihan yang dilakukan antar departement
dalam satu hotel.
Currency (AG)
Uang logam atau
kertas yang berlaku di dalam satu negara, ( Foreign currency = mata uang
asing).
Cut-off-date (SM) (FO)
Pihak pembeli /
booker (tamu atau Travel Agent) harus melepaskan kamar yang dipesan.
Cutleries (FBS)
Alat makan / peralatan
makan seperti sendok, garpu, pisau.
D.
Daftar Tunggu (FO)
Daftar
yang disediakan untuk para tamu yang belum mendaftarkan diri memesan kamar, dan
belum memesan sebelumnya. (Waiting List)
Daftar Rekening (AG)
Daftar
rekening adalah sangat penting, karena daftar rekening merupakan hal yang pokok
untuk pencatatan dokumen, jurnal, buku-buku besar, laporan-laporan maupun
keseluruhan procedure yang digunakan pada system akutansi. Karena banyaknya
rekening-rekening (account) maka proses dan daftar itu perlu diatur secara
teratut sehingga mudah untuk menemukannya dengan memberi nomor dan kode-kode
pada semua rekening (account) yang ada.
Day Use (FO)
Pemakaian kamar
hanya beberapa jam pada siang hari pemakai dikenakan tarif hanya 50% dari harga
normal.
Daily Pick up Laundry Report (Ldy)
Daftar pencatatan
kegiatan pick up laundry, yang berfungsi sebagai check list pemastian
pelaksanaan pick up berlangsung dengan baik.
Daily Sales Laundry Report (Ldy)
Catatan harian yang berisi
laporan tagihan laundry dalam satu hari
Damp mopping (HK)
Mengepel
basah menggunakan mop lembab (tidak basah), press mop dan stickmop untuk
membersihan spot lantai, kotoran dengan maksud untuk menghilangkan kotoran pada
media yang akan di mop.
Deluxe Room (HK)
Kamar kelas utama
suatu hotel, ukuran kamar lebih besar, kualitas sarana kamar lebih baik,
pelayanan-pelayanan khusus yang berbeda dari kelas standar.
Deep fat frying (FBP)
Adalah menggoreng
dengan minyak yang banyak, sehingga makanan yang digoreng betul-betul tenggelam
dalam minyak.
Demi glace (FBP)
Saus yang dibuat
dari brown sauce yang dipanaskan hingga kandunggan airnya berkurang.
Departure Date (FO)
Tanggal keberangkatan tamu dari suatu hotel, biasanya
dihitung setelah check out.
Departure
List (HK):
Daftar
keberangkatan tamu dari hotel.
Deposit (AG)
Uang panjar yang
diberikan untuk memesan suatu kamar hotel, persekot untuk memesan kamar hotel.
Depreciation (AG)
Penyusutan atas aktiva tetap yang dimiliki hotel.
Discoloration (Ldy)
Kelunturan oleh warna lain ( selain warna dari material
tersebut ).
Disinfectants (HK)
Disinfektan
Suatu zat yang terdapat dalam chemical yang dipergunakan di housekeeping untuk
proses pembersihan dan dapat digunakan untuk menghancurkan mikroorganisme
patogen.
Dessert (FBS)
Hidangan berupa
makanan untuk pencuci mulut (perabung) misalnya buah-buahan segar (pisang,
apel, nenas), roti keju.
Destination (Gn)
Daerah tujuan wisata ( daerah yang akan dituju /
dikunjungi ).
Detergent (Ldy)
Deterjen penghilang
noda ramah lingkungan terhadap saluran pembuangan air (biota air). Mudah larut
dalam air, sehingga proses pelepasan kotoran dapat berlangsung dengan cepat dan
direkomendasikan untuk pakaian putih ataupun warna. PH 10
Dinner (FBS)
Santap malam dalam hidangan European Standard Course.
Dinner menu (FBS)
Adalah informasi
berbentuk data daftar makanan yang khusus disiapkan untuk makan malam.
Dinning Room (FBS)
Restaurant dengan
menu yang lengkap, tata ruang yang mewah dan biasanya dilengkapi dengan
persediaan “wine” .
Director of Sales ( DOS) (SM)
Manager dari hotel sales department.
Discrepancy (FO) (HK)
Perbedaan /
selisih hitungan barang, jumlah, status
kamar antara satu outlet, departmet ataupun antara tamu dan hotel.
Discount (AG) (FO)
Potongan harga / pengurangan persentasi dari daftar
harga aslinya
Dish washing machine (FBP) (FBS)
Alat yang digunakan untuk pencucian peralatan makan
& minum .
Dont Distub Room (HK)
Status
kamar yang di depan pintu ada gantungan tanda “jangan digangu” / privacy sign
atau ada indicator make up room lampu
merah. Kamar ini menandakan bahwa tamu yang menginap dalam kamar tersebut
tidak mau digangu istilah lain untuk kamar ini “Privacy Room”.
Door Knob Menu (FBS)
Daftar
menu yang digantung di pegangan pintu. Di situ tamu mengisi daftar makanan yang
dipesannya untuk makan pagi, kemudian petugas malam menyerahkannya kepada
bagian persiapan hidangan (food & beverage
manager).
Doorman (FO)
Pramu pintu, petugas
yang melayani tamu-tamu yang masuk dan keluar hotel (misalnya membukakan pintu
mobilnya, membantu membawakan barang-barang, memegang payung untuknya).
Door View (HK)
Lubang
kecil yang terletak di pintu yang gunanya untuk mengintip tamu yang akan masuk
( tamu di luar ) dan hanya bisa digunakan / dilihat dari dalam kamar saja.
istilah lain peeping hole.
Double Bed (HK)
Tempat tidur ganda (dapat digunakan untuk dua orang).
Double Booking (FO)
Istilah
yang digunakan di Front Office untuk pemesanan yang double ( dua kali reservasi
/ pemesanan ) atas nama tamu yang sama.
Double Bucket Trolley (HK)
Alat untuk menampung air kotor dan memeras “cotton mop”
/ “pel”.
Double Charge(FO)
Tamu yang dibuatkan penagihan dua kali dalam kamar yang
sama.
Double Lock (HK)
Kunci
ganda, yakni kunci yang dapat diputar dua kali sehingga lebih menjamin keamanan
kamar atau Kamar tamu yang ditempati di mana tamu mengunci kamar dari dalam
dengan menggunakan double lock. Pintu ini hanya dapat dibuka dengan menggunakan
grand master key atau menggunakan metal key.
Double Occupancy(FO)
Penghuni ganda,
yakni satu kamar yang diisi oleh dua orang (untuk menghemat biaya kamar)
Double Occupancy Rate(FO)
Suatu
tingkat tarip / harga yang digunakan hotel untuk mencharge / membebankan harga
ke tamu dengan harga per-orang dalam satu kamar.
Down grade room (FO)
Perpindahan
/ penempatan kamar dari harga yang lebih tinggi ke harga yang lebih rendah.
Draught Bear (FBS)
Bir yang dihidangkan
dari tong khusus dan dituangkan ke dalam gelas dengan pompa yang dipasangi di
counter.
Drink List (FBS)
Daftar harga minuman
Drug store (FO)
Toko
kecil / kios / counter di dalam lingkungan hotel yang menjual berbagai obat dan
keperluan pribadi sehari-hari lainnya.
Dry Cleaning Service (Ldy)
Pelayanan cuci
kering, yakni jasa pencucian dengan mempergunakan solven (tidak mempergunakan
air sebagai pembersih).
Dry Cleaning Machine (Ldy)
Mesin
laundry yang berfungsi untuk mencuci pakaian yang tidak menggunakan air tapi
menggunakan minyak ( solvent ) sebagai bahan dasarnya.
Dry Food Store (FBP) (FBS)
Gudang
yang digunakan untuk menyimpan bahan-bahan yang kering, tahan lama dan tidak
mudah rusak. ( beras, gula, makanan kaleng, dalam botol ) dan barang-barang
groceries.
Drying capacity (Ldy)
Maximal
kapasitas mesin pengering ( mesin yang digunakan untuk mengeringkan linen,
towel ataupun pakaian. ( 20 kg, 30 kg, 35 kg, 50 kg, 80 kg dll ).
Duty Manager (FO)
Seorang
yang bertugas atas operasional hotel saat itu, sementara manager yang biasanya
bertugas libur, manajer yang lain sedang libur.
Dusting ( HK )
Tehnik
membersihkan perabotan ( furnitur ) dengan cara mengelap menggunakan kain “dust
cloth” atau memindahkan debu dari permukaan furniture ke kain lap.
Dustpan (HK)
Alat untuk mengangkat, mengambil, mengumpulkan debu,
sampah.
E.
Early Arrival (FO) (HK)
Kedatangan dini, yakni tamu datang ketika kamar belum diatur karena
masih terlampau Pagi atau tiba di hotel sebelum
tanggal atau waktu yang telah ditentukan dalam reservasi. Istilah lain “ early
check in “.
Early Makeup (HK)
Status kamar dalam keadaan
belum dibersihkan dan tamu check-in lebih awal dari waktu seharusnya sehingga
kamar perlu dibersihkan secepatnya.
Eggs Stand (FBS)
Tempat untuk menyajikan telur rebus.
Emergency Call line (FO)
Alat komunikasi /
telephone yang hanya digunakan pada saat darurat. ( bencana alam, kebakaran )
Employee Benefits (HR) (AG)
Imbalan
Kerja termasuk pajak gaji, beban asuransi yang berhubungan dengan penggajian,
pensiun, dan biaya lainnya yang berhubungan dengan penggajian yang berlaku
untuk setiap departemen.
Employee handbook (HR)
Buku peganangan
karyawan yang berisi tentang peraturan perusahaan, kewajiban, tanggung jawab,
sanksi dan lain-lain.
Employee requisition (Gn)
Permintaan
karyawan yang dilakukan oleh masing-masing department yang ditujukan ke bagian
HRD sesuai dengan fungsi dan kebutuhan dalam department tersebut dan
menggunakan form khusus.
Emulsifier (Ldy)
Larutan
pengemulsi guna membantu deterjen mengangkat noda minyak, lemak dan noda lainya
pada kain katun, polyester baik itu linen, uniform khususnya pakaian dapur
maupun guest laundry. Bahan ini bersifat netral, sangat cocok untuk mencuci
kain berbahan halus. PH 3
Encoder (FO)
Sebuah mesin yang digunakan
untuk memprogram periode berlakunya kunci kartu.
Energy Cost
Biaya yang dikeluarkan
hotel untuk pembayaran air, listrik, solar, gas.
English Service (FBS)
Sangat
berbeda dengan yang lain, disini dibutuhkan “butler” atau waiter yang menunggu
tuan rumah melakukan carving dan menyusun hasil carvingnya di piring untuk
kemudian diantar oleh butler kepada tamu. Service ini juga disebut “Family
Service”
Entree (FBS)
Hidangan utama (main
course) dalam suatu penyajian European Standard Course.
Escorting the Guest (FO)
Pelayanan
mengantarkan tamu yang menginap di hotel baik itu individu maupun group dan
sekaligus menerangkan tentang fasilitas hotel dan sistem pelayanan yang ada.
ETA (Estimated Time
of Arrival) (FO)
Jam tiba berdasarkan
perkiraan, mengingat keterlambatan Arrival)yang
pernah terjadi, atau jam tiba yang lebih cepat dari waktu yang tercantum dalam
daftar (kereta api, bus, penerbangan, pelayaran, dsb).
ETD (Estimated
Time of Departure (FO))
Jam keberangkatan
berdasarkan perkiraan (kereta api, bus, penerbangan dan sebagainya).
European Plan (FBS)
Tarif yang dipasang
untuk sewa kamar saja. Tarif untuk makanan & minuman dikenakan tersendiri,
berdasarkan pesanan.
Evakuasi (HR) (Gn)
Adalah tindakan penyelamatan kepada tamu.
Event (SM)
Adalah istilah
yang lazim digunakan untuk kegiatan atau acara yang diselenggarakan di hotel.
Executive housekeeper (HK)
Orang yang
bertanggung jawab akan operasional, program, adimin, staffing dalam department
housekeeping.
Exit interview ( HRD)
Form
yang harus diisi oleh seorang karyawan yang akan keluar dari kerja / manajemen
dan melakukan proses wawancara dengan HR Manager guna memperoleh informasi
mengenai kondisi selama kerja, suasana kerja dan alasan keluar ( resign ).
Extended Stay (FO)
Istilah
yang sering digunakan untuk tamu kamar yang seharusnya check out pada tanggal
yang direncanakan tapi membatalkan (tidak jadi) dan memperpanjang masa tinggal
di hotel tersebut.
Extra Bed (HK)
Tambahan
tempat tidur di dalam kamar hotel yang disewa bila jumlah penghuni melebihi
daya tampung tempat tidur yang ada. Extra bed biasanya dapat dilipat karena
untuk memudahkan dipindah-pindah atau disimpan lagi bila tidak digunakan.
Extractor Machine (HK)
Alat
yang dipergunakan untuk menyampho “ shamphooing carpet” ( mencuci karpet ),
dimana didalam sistem tersebut ada yang berfungsi untuk menyemprot carpet,
brushing dan menyedot (vacuum) kotoran.
Expected Arrival (HK)
Formulir yang berisi daftar tamu yang akan datang
Expected Departure (FO)
Formulir
yang berisi daftar tamu yang akan check out / meninggalkan hotel pada hari
tersebut.
Express laundry (Ldy)
Pelayanan pencucian pakaian tamu secara cepat ( express
).
Hotel Terminologi dari H - Z Bagian 2 Lengkap | E-book Seri Perhotelan
F.
Family Rate (FO)
Harga
kamar khusus untuk orang tua dan anak-anak menempati satu kamar / satu
keluarga. Biasanya hotel yang memiliki family rate adalah hotel yang mempunyai
type kamar family ( family room ) atau hotel yang ukuran kamarnya besar yang
memungkinkan untuk ditempati untuk keluarga dengan penambahan extra bed.
Family Room (FO)
Kamar
hotel yang berfasilitas seperti kamar keluarga, di dalamnya terdapat dua kamar
tidur besar yang dapat menampung empat orang sekaligus.
Fax Cacmpaign (SM)
Kegiatan promosi melalui fax atau e-mail
FIT (
Frequent Individual Traveler).
Orang
yang melakukan perjalanan secara perorangan / individu. Istilah yang sering
digunakan dalam jenis-jenis tamu di FO atau Marketing.
FIFO (AG) (Gn)
First
In First Out ( Kondisi dalam penyimpanan barang, dimana barang yang masuk
duluan maka ia akan keluar duluan )
Fillet (FBP)
Potongan utuh, tipis, panjang tanpa tulang dan kulit.
Filleting (FBP)
Salah
satu cara mempersiapkan bahan makanan di kitchen dengan cara memisahkan daging
dari tulang.
FEFO (AG) (Gn)
First
Expired First Out ( Kondisi dalam penyimpanan barang, dimana barang yang
expired duluan maka ia akan keluar duluan )
FF&E (AG) (Gn)
Furniture,
fixtures, and equipment (FFE) : Perabot, dan peralatan yang diklasifikasi
aktiva tetap (fixed assets) dari hotel yang telah ditentukan nilai susut,
biasanya mulai dari tiga sampai tujuh tahun.
Flambee (FBP)
Proses memasak
secara langsung di depan tamu dengan memakai minuman alkohol (brandy).
Flat Rate (FO)
Harga yang
diberikan kepada tamu konvensi besar atau group yang menggunakan banyak kamar
(tidak termasuk suite) melalui negosiasi oleh Departemen Sales.
Flat work ironer (Ldy)
Adalah
mesin laundry yang berfungsi untuk melicinkan, menghaluskan linen-linen yang
berbentuk lembaran di cara diroll. Misalnya sheet, pillow case, napkin, table
cloth. Istilah lain untuk mesin ini “ Flat Roll Ironer”, “Mangler” ataupun
mesin roll / pelicin.
Flit Chart (HR) (FBS) (Gn)
Writing
board / Papan tulis yang biasanya disertai dengan kertas besar untuk menulis
yang bisa dilakukan secara berganti / membalik kertas yang sudah ditulis (
biasanya digunakan untuk meeting ).
Flie Control ( Flies Trap ) (Eng)
Adalah
alat penangkap lalat yang dapat diletakkan / digantung disemua area, non-
chemicals ( menggunakan lampu dan lem yang dapat menarik lalat di bagian dalam
pada alat fly catcher ).
Flow Chart (HK)
Sebuah grafik /
gambar yang menunjukkan urutan kegiatan yang diperlukan oleh departemen, untuk
melaksanakan tugas dengan cepat dan efisien.
Floor Sign (HK)
Tanda
segitiga pengaman, biasanya warna kuning untuk menandai bahwa area tersebut
sedang dikerjakan atau tanda bahwa lantai licin sedang dalam pengerjaan.
Biasanya ada tulisan “ wet floor ”, “wet coution” atau “danger”, “danger
notice” atau “coution”.
Folding & Packaging (Ldy)
Kegiatan melipat
dan mengepak guest laundry yang telah ditangani (melalui proses pencucian) oleh
pihak laundry.
Folio ( Act )
Record
/ catatan dari semua debet dan kredit yang berhubungan dengan tamu atau
perusahaan dan dapat dimasukkan ke account tamu / perusahaan tersebut. Data
Folio didapat dari semua departmnet yang dipergunakan tamu baik itu makanan,
minuman (guest folio).
Food & Beverage Cost (FBP) (FBS)
Perbandingan
prosentase antara biaya bahan mentah dengan harga jual makanan dan minuman,
pihak hotel berusaha memasang tarif yang sesuai dengan jumlah / kalkulasi biaya
penyediaan bahan, ditambah keuntungan.
Forecast (FO)
Proyeksi persentase
hunian kamar yang diharapkan untuk beberapa hari, minggu, bulan ataupun tahun.
Fork’s (FBS)
Sendok garpu yang
dipergunakan dalam jamuan makan direstaurant biasanya dibarengi oleh pisau dan
selalu disebut “knife & fork”.
Dinner
fork / knife :
garpu / pisau untuk makan hidangan utama. Dessert fork / knife : garpu /
pisau untuk makan hidangan penutup. Fish fork
/ knife : garpu / pisau untuk makan
hidangan dari ikan. Fruit fork / knife :
garpu / pisau untuk makan hidangan dari ikan.
Steak fork / knife :
garpu / pisau untuk makan hidangan steak ( garpu yang di-
gunakan biasa
juga disebut “dinner fork” )
Fish
carving fork / knife : garpu / pisau besar untuk memotong ikan
yang masih utuh. Pastry knife :
pisau untuk memotong kue.
Cheese knife : pisau untuk memotong
dan memakan keju.
Form Finisher (Ldy)
Adalah
mesin laundry yang berfungsi untuk menghaluskan, mengeringkan jas, jaket dan
pakaian yang tidak bisa masuk mesin pengering. Mesin menggunakan uap panas (
steam ) dan penutup udara ( air bag ) yang mentuknya seperti badan manusia,
dimana di dalamnya berisi uap panas dan udara . Istilah lain alat ini adalah
“Suzy Q”.
Frequent Stay
Programs (SM) (Gn)
Program Reguler
untuk tamu yang menginap, setiap biaya yang berkaitan dengan program yang
dirancang untuk membangun loyalitas tamu ke hotel.
French Service (FBS)
Dilakukan
biasanya oleh 2 (dua) orang, waiter (Chef
de Rang) bersama asistennya (bushboy
/ girl /commis de Rang ). Makanan disiapkan dari dapur dan dibawa
menggunakan kereta dorong (trolly)
atau kereta masak (guiridon) untuk
membantu service dalam piring atau di chaffing dish kadang juga masak di depan
tamu (flambee) dan kemudian disajikan
ke piring tamu oleh waiter yang dibantu asistennya. Hidangan yang panas bisa
dipanaskan didepan tamu dengan menggunakan alat pemanas (Rechaud) dan hidangan yang setengah matang dimasak (flambee) di depan tamu.
Front Desk (FO)
Kantor
depan hotel tempat pendaftaran tamu yang akan menginap di hotel, atau tempat
untuk memproses tamu yang akan meninggalkan hotel (check out).
Front Desk Agent (FO)
Adalah
petugas kantor depan yang melayani kebutuhan tamu mulai dari proses check in,
selama menginap, sampai dengan check out. Istilah lain untuk “Reception” .
Front Office (FO)
Bagian
kantor depan hotel yang mengurus kedatangan tamu (check in) dan kepergiantamu
(check out), sekaligs memberikan informasi lengkap yang diperlukan oleh
wisatawan yang akan menginap di hotelnya.
Free Of Charge (FO)
Pelayanan tidak dikenakan
biaya / gratis.
Frying (FBP)
Proses memasak makanan di
dalam minyak panas
Full Board (FO)
Fullboard
adalah kegiatan meeting dengan fasilitas 3 kali makan (pagi, siang, malam) yang
digabungkan dengan permintaan penginapan / kamar.
Function Room (SM) (Gn)
Ruang pertemuan
Full House (FO)
Terisi
penuh, maksudnya suatu hotel yang seluruh kamarnya sudah dipesan oleh tamu,
sehingga tidak mungkin untuk menerima pemesanan kamar lagi.
G.
Garnish (FBP) (FBS)
Menghias, misalnya menghias kue, es krim, coctail untuk
disajikan kepada para tamu.
Garbage Bins (HK)
Adalah tempat sampah.
Gastronomy (FBP) (FBS)
Ilmu tentang pengetahuan mengolah hidangan yang lezat.
Gastronomist (FBS)
Ahli
gastronomi, orang yang suka makan enak, orang yang pandai menyusun hidangan
lezat.
General Cashier (AG)
Salah
satu posisi di department akunting yang bertanggung jawab membayarkan semua
bentuk pengeluaran tunai untuk keperluan hotel yang telah disetujui oleh
manajemen.
General Store (AG)
Gudang
umum, tempat penyimpanan kebutuhan-kebutuhan hotel yang bersifat umum, termasuk
suku cadang mobil milik hotel itu
General Cleaning ( GC ) (HK)
Beberapa
pekerjaan yang dilakukan / dikonsentrasikan pada satu tempat tertentu,waktu
tertentu dengan hasil yang maximal. Contoh : General Cleaning Meeting Room, GC
HK Store, GC Koridor floor 5, GC Restaurant, GC Restroom Lobby, GC HK Office,
GC Locker, GC Room dll
Glass Cleaner (HK)
Cairan pembersih yang digunakan khusus membersihkan
kaca.
Glassware (FBS)
Adalah
peralatan makan minum yang terbuat dari glass / kaca, untuk restaurant –
restaurant resmi biasanya berwarna polos ataupun bening. Glass ware dapat
dibedakan 2 macam yaitu bertangkai dan tidak
bertangkai.
Beer glass :
untuk menyajikan minum bir. Champagne glass : untuk menyajikan minuman champagne
Goblet : untuk
menyajikan minuman air putih / mineral / air es. Red wine glass : untuk
menyajikan minuman anggur merah.
Tumbler
glass / 6 oz, 8 oz : untuk menyajikan minuman jenis juice / soft drink. White wine glass : untuk
menyajikan minuman anggur putih.
Go Show (FO)
Check in di hotel tanpa booking terlebih dahulu.
Grand Master Key ( GM Key )
Kunci
yang di pegang oleh General Manager dan bisa membuka semua pintu kamar dalam
satu hotel.
Griddling (FBP)
Adalah
memanggang yang dilakukan diatas griddle atau lempengan besi rata yang
dipanaskan. Sedangkan “Pan Broiling adalah memanggang diatas Frying Pan. Proses perambatan panas ini
adalah proses konduksi dan minyak yang dioles pada griddle atau pan hanya untuk
mencegah makanan lengket pada alat.
Groceries (FBP) (FBS)
Jenis
bahan makanan yang tidak mudah rusak, kering dan bisa tahan lama jika disimpan.
Misal gula, garam, bumbu-bumbu kering, tepung, sereal.
Grooming (HR) (Gn)
Tata
cara penampilan baku tentang kerapian dan kebersihan pribadi baik luar maupun
dalam yang mengatur rambut, kuku, perhiasan yang dipakai, make up, parfum,
uniform, sepatu, kaos kaki, sopan santun dalam berucap dan bertindak didalam
lingkungan hotel.
Guaranted Reservation (FO)
Pemesanan
kamar yang disertai dengan deposit baik itu berupa uang, kartu kredit, voucher
travel maupun surat jaminan dari perusahaan ( GL / guarantee letter ).
Guarantee Letter (FO)
Surat garansi, surat jaminan (untuk meyakinkan pihak
hotel ketika tamu akan memesan kamar).
Guest Bill (FO)
Rekening/bill
tamu, rekening yang harus dibayar untuk biaya sewa kamar & hidangan di
hotel. Juga dikenal sebagai “Guest Folio”
, “Guest Account” atau “Guest Statement” . Catatan terperinci
kredit tamu dan biaya, yang diselenggarakan dalam Front Office sampai dengan
check out. keberangkatan mereka.
Guest Card (FO)
Guest
Card adalah kartu tamu sebagai tempat kunci kamar dan meal voucher. Tanda bukti
yang dibawa tamu yang menginap di hotel.
Guest Comment Card (FO)
Kartu
komentar untuk tamu yang berisi sejumlah pertanyaan tentang pelayanan,
property, fasilitas dan keperluan tamu selama menginap di hotel ( kartu ini
berguna untuk mengukur tingkat pelayanan hotel ke tamu ).
Guest History (FO)
Sebuah
file data tentang tamu yang disimpan secara manual atau dengan komputer yang
berisi pencatatan rincian penting dari kunjungan tamu, hal ini dilakukan untuk
melihat kembali catatan tamu jika tamu tersebut datang lagi dan hal-hal penting
akan bisa dilakukan.
Guest House (Gn)
Sebuah
rumah pribadi dengan jumlah kamar yang sedikit yang digunakan untuk penginapan
dimana termasuk sarapan pagi.
Guest In House (FO)
Nama / daftar tamu yang
menginap di hotel pada saat itu.
Guest Laundry (Ldy)
Pakaian atau guest laundry
tamu hotel yang menginap
Guest Mix (FO) (SM)
Tamu
dari berbagai kalangan / jenis / yang menginap di hotel, restaurant dalam waktu
tertentu (misalnya, bisnis, individu liburan, atau grup) dan dapat di
prosentaskan.
Guest Profile (FO)
Daftar
karakteristik tamu hotel. Hal ini membantu manajemen untuk mengidentifikasi
pasar ( market segemen ).
Guest Request ( FO-HK) Gn
Permintaan tambahan
tamu setelah tamu
check in misalnya
untuk tambahan handuk,
pengering rambut, pisau
cukur, sewing kit,
extra bed atau
boks bayi.
Guestroom types (Gn)
Type
kamar tamu yang tersedia dalam satu hotel misalnya : Standar, Superior, Delux,
Executive, Family, Duplex, Connecting, Non Smoking, Single, Double, Triple.
Presiden suite, Penthouse. Villa,