Makalah Front Office “Departemen Hotel” | Makalah Perhotelan

Admin
0

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
         
            Front Office Departement merupakan departemen yang bertanggung jawab atas penjualan kamar hotel berdasarkan cara yang sistematik melalui reservasi hingga penyerahan kamar kepada tamu hotel dan memberikan pelayanan informasi kepada para tamu hotel selama mereka berada dan menginap di hotel. Dapat dilihat dari definisi diatas bahwa kantor depan merupakan departemen yang memiliki peranan sebagai penjual kamar dan secara langsung merupakan sumber pendapatan utama setiap hotel. Departemen Front Office memberikan layanan yang penuh kepada tamu dari sebelum tamu menginap, saat kedatangan tamu, selama tinggal di hotel, dan saat hendak meninggalkan hotel.
            Hyatt Regency Yogyakarta mempunyai 2 Front desk, pertama “Main Front Desk” berada di lobby dan memberikan pelayanan untuk umum dimana semua tamu bisa melakukan check in check out disini. Front desk yang kedua di Regency Club Lounge dimana hanya tamu dengan kamar tipe tertentu saja yang bisa melakukan aktifitas check in check out, disini peran Front Office yang dipadukan dengan Lounge.
            Regency Club Lounge merupakan sebuah executive lounge yang menjadi bagian dari Front Office Departement dimana mempunyai tanggungjawab untuk menangani tamu yang menginap di tipe kamar regency club, junior suite, executive suite, presidential suite. Hal yang ditangani antara lain melayani breakfast, tea and coffe time, evening cocktail, check in, check out.
            Evening cocktail adalah produk dalam bentuk buffet menu yang ditawarkan oleh Regency Club Lounge dimana tamu dapat bersantai di sore hari dengan menikmati menu cocktail yang ada seperti canape, hot item, traditional drink, soft drink, rose wine, white wine, red wine, vodka, gin, beer, dan coffee tea. Sembari menikmati menu cocktail yang ada tamu juga mendapat suguhan berupa pemandangan sunset, view dari lapangan golf dan kolam renang serta ada live cooking di setiap harinya dengan menu yang bervariasi.   
   
1.2  Landasan Permasalahan
Dalam hal ini diperjelaskan tentang masalah yang akan diperoleh dalam membuat makalah ini. Hal tersebut diantaranya :
  1. Apa yang disebut dengan Front Office dalam perhotelan ?
  2. Bagaimana peran, fungsi, SOP dan bagian lainnya dalam Front Office perhotelan 
  3. Apa saja peralatan yang ada dalam Front Office dalam hotel ?

1.3 Tujuan Penulisan
Pengetahuan penulis yang tercapai dalam upaya pencapaian ini diperoleh dengan tujuan untuk mendapatkan informasi mengenai front Office baik berupa fungsi, peranan ,dan sop, struktur dan organisasi maupun tujuan dari receptionist dan foamreceptionist.


BAB 2
PEMBAHASAN


2.1 Pengertian Front office

            Front Office Department adalah suatu bagian depan dari suatu hotel, sbg penjual kamar dan sering disebut sebagai selling room. Dalam proses penjualan seorang front office harus dibantu oleh bagian tata graha. Dalam hubungan kerja tata graha bertindak sebagai pengemasan kamar. Front office juga dikenal sebagai the first and the last impression of the guest. Artinya bagian inilah yang pertama dan terakhir dari tamu. Tamu akan datang ke hotel akan regestrasi dulu ke bagian front office dan pada waktu akan check out pun tamu juga berhubungan dengan staf dari front office. Jadi sudah sewajarnya jika kesan yang mendalam akan tercipta di bagian front office.
            Front office juga merupakan pusat informasi dan juga hampir segala kegiatan tamu seperti penerimaan dan pengiriman surat pengurusan barang, pembayaran rekening hotel, mengenai kehilangan barang, menampung keluhan tamu dan juga tempat segala pemberian informasi baik dalam hotel maupun luar hotel.


2.2  Peran penting Front office

  • Pemberi informas
  • Petugas kantor depan diharapkan mampu memberikan informasi yang jelas, benar dan cepat tentang produk, fasilitas, aktivitas, pelayanan yang ada di hotel maupun di luar hotel, informasi yang diberikan tidak hanya terbatas untuk tamu tetapi informasi yang dibutuhkan oleh kolega/teman sejawat lainnya.
  • Penjual(sales person)
  • Petugas kantor depan diharuskan mempunyai jiwa menjual, selain dikarenakan fungsi utama menjual produk hotel, bagian ini adalah bagian yang sering berhubungan langsung dengan tamu hotel.
  • Wakil manajemen
  • Petugas kantor depan dalam keadaan tertentu dapat berperan sebagai wakil manajemen untuk mengatasi/menyelesaikan masalah yang timbul di luar jam kerja manajemen.
  • d. Penyimpan data
  • Sumber data kegiatan hotel banyak berasal dari laporan yang dibuat oleh petugas kantor depan dan penyimpanan data tersebut juga di bagian kantor depan, oleh sebab itu data yang dibuat dan disimpan harus selalu terkini, sehingga manajemen dapat membuat keputusan dan kebijakan yang tepat untuk masa yang akan datang
  • Diplomatis
  • Petugas kantor depan pada situasi dan kondisi tertentu diharapkan mampu melakukan tindakan secara diplomatis sehingga dapat menjaga hubungan yang baik dengan tamu dan pihak lain.
  • Pemecah masalah
  • Petugas kantor depan diharapkan dapat memecahkan masalah yang dialami oleh tamu, tak terkecuali masalah yang berasal dari bagian lain.
  • Humas
  • Petugas kantor depan berperan secara baik, aktif dalam berhubungan dengan tamu dan masyarakat sekitar agar terjadi hubungan yang harmonis dan berdampak pada pembentukan citra hotel yang baik.



Untuk File Nya Silahkan Di Download disini

DOWNLOAD FILE



Penelusuran yang terkait dengan makalah housekeeping
  • contoh makalah perhotelan
  • pengertian housekeeping
  • artikel tentang housekeeping
  • contoh judul karya tulis housekeeping
  • materi housekeeping
  • bahan pembersih housekeeping
  • belajar housekeeping
  • istilah housekeeping
  • artikel peran penting front office
  • perbedaan front office dan resepsionis
  • skill yang harus dimiliki front office
  • sop front office secara umum
  • presentasi front office
  • pertanyaan tentang front office
  • fungsi tambahan front office
  • mengapa front office disebut jantung hotel

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close