Via: Airmagz.com |
Bab I
Pendahulan
Latar Belakang Maslah
Hotel Adalah Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang Jasa Pelayanan Penginapan,Dimana Para Tetamu Tidak Segan Untuk Mengeluarkan Biaya Demi Mendapatkan Pelayanan Yang Terbaik. Selain Pelayanan Penginapan Hotel Juga Menyediakan Pelayanan Makanan,Minuman, Serta Fasilitas-Fasilitas Pendukung Lainnya Yang Ada Di Hotel Tersebut. Hotel Mempunyai Tujuan Yang Komersil Dan Dikelola Secara Profesional Untuk Dapat Memberikan Pelayanan Yang Terbaik Kepada Para Tetamu. Dalam Pengelolaan Bisnis Hotel Dibutuhkan Karyawan Yang Mau Bekerja Keras Untuk Mencapai Tujuan Tersebut. Selain Itu Juga Tergantung Pada Dana Yang Tersedia,Dan Kemampuan Teknologi,Serta Mesin-Mesin Yang Dimiliki,System Manajemen Yang Dianut Dan Kinerja Karyawan
Berbicara Tentang Keterampilan Sumber Daya Manusia Dalam Perhotelan, Terdapat Satu Unsur Yang Sangat Penting,Yaitu Keterampilan Tenaga Kerja Dalam Melayani Tamu,Khususnya Dibagian Kantor Depan (Front Office) Hotel.
Pembatasan Masalah
- Apa Yang Dilakukan Oleh Divisi Pesonalia Untuk Mendapatkan Karyawan Yang Berpotensi Dibidang Receptiont Dalam Proses Penyeleksian?
- Persyaratan Apa Sajakah Yang Harus Dimilki Oleh Petugas Receptionist?
- Apakah Standar Operasional Prosedur (Sop) Ikut Berpengaruh Terhadap Kinerja Reception?
- Kinerja Seperti Apakah Yang Harapkan Di Front Office?
Tujuan Penelitian
- Untuk Mengetahui Proses Seleksi Yang Dilakukan Oleh Personalia Untuk Mendapatkan Karyawan Yang Berpotensi Di Bidang Receptionist
- Untuk Mengetahui Persyaratan Apa Bisa Menjadi Petugas Reception.
- Untuk Mengetahui Pengaruh Sop Terhadap Kinerja Reception.
- Untuk Mengetahui Kinerja Reception.
Manfaat Penelitian
Dari Hasil Penelitian Ini, Diharapkan Nantinya Dapat Bermanfaat Bagi Semua Pihak,Khususnya:
- Diharapkan Hasil Penelitian Ini Dapat Sebagai Bahan Masukan Untuk Membantu Pihak Hotel Tentang Pentingya Melakukan Penyeleksian Untuk Mendapatkan Karyawan Berpotensi.
- Sebagai Kelengkapan Perbendaharaan Bahan Perpustakan Di Akademi Pariwisata Engku Putri Hamidah
- Untuk Menambah Wawasan Dan Pengetahuan Penulis Dalam Bidang Personalia.
Tinjauan Pustaka
Menurut Gloller Electronic Publishing Inc (1995), Hotel Adalah Usaha Komersial Yang Menyediakan Tempat Menginap, Makanan, Dan Pelayanan-Pelayanan Lain Untuk Umum.
Selain Itu Menurut American Hotel And Motel Asocition (Ahma) Menyatakan Bahwa Hotel Suatu Tempat Dimana Disediakan Penginapan,Makan Dan Minum Serta Pelayanan Lainnya Untuk Disewakan Bagi Para Tamu Atau Orang-Orang Yang Tinggal Untuk Smentara Waktu.
Hotel Biasanya Tersendiri Dari Berbagai Macam Departemen Salah Satu Diantaranya Adalah Front Office Departement Memang Merupakan Pusat Syaraf Kehidupan Hotel (Drs A. Bambang Sujatno,Cha 2007:2)
Untuk File Nya Silahkan Di Download disini
DOWNLOAD FILE
Penelusuran yang terkait dengan makalah housekeeping
- contoh makalah perhotelan
- pengertian housekeeping
- artikel tentang housekeeping
- contoh judul karya tulis housekeeping
- materi housekeeping
- bahan pembersih housekeeping
- belajar housekeeping
- istilah housekeeping
- artikel peran penting front office
- perbedaan front office dan resepsionis
- skill yang harus dimiliki front office
- sop front office secara umum
- presentasi front office
- pertanyaan tentang front office
- fungsi tambahan front office
- mengapa front office disebut jantung hotel