BAB I
PENDAHULUAN
I. Alasan Pemilihan Judul
Perubahan yang cepat dalam industri pariwisata dan perhotelan, memberi pengaruh pada banyak hal yang terkait, khususnya pendidikan perhotelan yang semakin harus bereaksi cepat menghadapi berbagai perubahan, pergeseran nilai budaya, kondisi sosial dan globalisasi bisnis serta pertumbuhan ekonomi dalam skala mikro maupun makro. Hotel sebagai salah satu yang mendukung kegiatan kepariwisataan dalam jasa pelayanan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bagi tamu-tamu yang datang dan menginginkan tempat menginap (akomodasi), makan minum dan jasa-jasa yang lainya yang terdapat dari hotel tersebut. Industri perhotelan telah banyak berdiri dan berkembang di negara kita ini.
berkembang industri perhotelan di negara kita ini banyak juga memperoleh keuntungan terutama membantu pemerintah dalam hal mengatasi penggangguran, karena banyak tenaga-tenaga kerja yang dibutuhkan bagi hotel. Tetapi hotel tidak bisa menerima tenaga kerja begitu saja, yang menjadi hambatanya ialah bahwa hotel sangat memerlukan tenaga kerja yang profesional yang memiliki keahlian, ketrampilannserta kedisiplinan yang tinggi. Tamu akan sangat merasa sangat senang dan puas bila mereka memperoleh pelayanan yang terbaik. Pelayanan yang baik tersebut akan tersendiri bagi mereka dan akan membawa mereka untuk lebih lama lagi menginap dan suatu saat mereka asti akan datang kembali untuk menginap di hotel tersebut. Kesan pertama yang paling penting adlah ketika pertama kali tiba di hotel dan atas sambutanya yang diperoleh dari Front Office dalam menyambut kedatgangan mereka. Karena pentingnya Front Office dalam memberikan pelayanan akan kesan pertama bagi tamu dan merupakan otak pusat dari kegiatan hotel, hal inilah yang menjadi faktor bagi penulis untuk mengangkat masalah ini sebagai judul kertas karya yang penulis ajukan yaitu “ KINERJA DAN PERANAN FRONT OFFICE DEPARTMENT DALAM MELAYANI TAMU YANG CHECK-IN DAN CHECK-OUT DI HOTEL DANAU TOBA INTERNATIONAL”. Selain itu ada juga alasan-alasan lain yang diraskan penulis selain melakukan pengamatan dan praktek langsung di hotel tersebut sehingga mempermudah memperoleh data dan
informasi langsung bahwa di front office pertama menjalankan peranan sebagai penghubung tamu dengan hotel pada saat tamu itu datang dan meninggalkan hotel sehingga department ini sering disebut first and last impression atau juga dapat disebut kesan pertama dan kesan terkhir.
II. Pembatasan Masalah
Dalam menyusun kertas karya ini penulis membatsi masalah hanya pada Front Office Department terutama dalam menangani tamu yang check-in dan check-out. Mengingat kemampuan penulis yang sangat terbatas, jadi penulis membatasi permasalahan yang dibahas tidak terlalu luas maupun menyimpang dan dapat mencapai tujuan bagi penulis dalam menyelesaikan kertas karya ini.III. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan penulisan kertas karya ini adalah:- Untuk menembangkan teori-teori tentang ilmu perhotelan yang penulis dapatkan selama di bangku perkuliahan dan membandingkanya dengan apa saja yang terjadi di lapangan, khususnya dalam Front Office Department.
- Untuk melengkapi salah satu syarat akademis dalam menyelesaikan studi program Diploma III Fakultas Sastra jurusan bidang keahlian Perhotelan.
- Memperluas serta mengembangkan kemampuan mahasiswa melalui pengalaman-pengalaman yang didapatkan selama menjalani praktek kerja lapangan di hotel.
IV. Metode Penulisan
Metode yang telah dilakukan untuk mendapatkan informasi maupun data-data dalam menyusun kertas karya, penulis menggunakan dua metode dalam usaha mendapatkan data dan informasi yang diperlukan tersebut,yaitu:- Studi Kepustakaan (Library Research)
- Studi Lapangan (Field Research)
Untuk File Nya Silahkan Di Download disini
DOWNLOAD FILE
Penelusuran yang terkait dengan makalah housekeeping
- contoh makalah perhotelan
- pengertian housekeeping
- artikel tentang housekeeping
- contoh judul karya tulis housekeeping
- materi housekeeping
- bahan pembersih housekeeping
- belajar housekeeping
- istilah housekeeping
- artikel peran penting front office
- perbedaan front office dan resepsionis
- skill yang harus dimiliki front office
- sop front office secara umum
- presentasi front office
- pertanyaan tentang front office
- fungsi tambahan front office
- mengapa front office disebut jantung hotel