Setiap hotel memiliki klasifikasi yang berbeda-beda. Tak terkecuali untuk hotel yang ada di Indonesia. Mulai dari hotel bintang satu, dua, hingga bintang lima. Dalam dunia perhotelan, hotel bintang lima memiliki kedudukan paling tinggi. Ini dikarenakan pelayanan dan fasilitasnya yang lengkap. Berikut fasilitas hotel berbintang Yang Akan Kamu temui di Hotel indonesia.
Resepsionis 24 jam
Fasilitas utama yang perlu dan wajib ada di hotel bintang lima adalah
layanan resepsionis yang siaga selama 24 jam. Resepsionis tersebut
maupun staf harus menguasai beberapa bahasa untuk memudahkan komunikasi
dengan tamu. Setidaknya, dalam hotel bintang lima resepsionis harus bisa
menguasai bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Adanya resepsionis yang
siaga selama 24 jam ini akan memudahkan Anda ketika melakukan check in dan check out kapanpun.
Baca Juga: Pengertian Laundry Section Pada Hotel Meliputi Pembagian Staff, Mesin Laundry, Tujuan Pencucian
Adanya fasilitas yang memadai
Selain memiliki banyak pilihan kamar, ada restoran dengan makanan lezat dan menggugah selera, Executive Lounge untuk menikmati waktu santai bersama keluarga sambil menikmati berbagai kue, roti, dan minuman, dan Discovery Gym & Spa untuk mereka yang ingin tetap berolahraga dan menikmati perawatan spa selama liburan. Serta Kolam Renang Cluster, yang memiliki area permainan dan kolam renang untuk orang dewasa dan anak-anak.
Parkir Valet dan porter
Fasilitas lainnya yang harus ada dalam hotel bintang lima adalah
parkir valet dan porter. Porter ini akan membantu Anda sebagai tamu
untuk membawa barang bawaan dari pintu masuk hingga ke kamar. Fasilitas
parkir valet akan menambah kenyamanan Anda dengan memberikan kemudahan
ketika Anda membawa mobil pribadi. Hanya dengan menyerahkan kunci mobil,
Anda cukup menunggu petugas memarkir mobil dengan aman.
Memiliki jumlah kamar minimum
Hotel bintang lima memiliki standar tersendiri yang wajib dipenuhi di
Indonesia. Terutama dalam jumlah ketersediaan kamar. Hotel bintang lima
paling tidak memiliki 100 unit kamar untuk tipe standar. Sementara
untuk tipe suite minimum sebanyak empat unit. Kamar-kamar ini haruslah
memiliki tingkat kebersihan dan kerapian yang tinggi. Selain itu wajib
memiliki tinggi minimum 2,6 meter tiap lantainya dan dilengkapi dengan
pengatur suhu kamar.
Fasilitas dalam kamar yang memadai
Untuk fasilitas yang ada dalam kamar hotel bintang lima, ada beberapa
standar yang harus dipenuhi dan berhak Anda dapatkan. Semua fasilitas
tersebut memiliki standar premium, seperti kamar mandi dalam dengan amenities
yang lengkap. Setiap kamar juga dilengkapi dengan sofa, mini bar, TV,
AC, meja, dan lemari. Fasilitas dalam kamar lainnya yang bisa Anda
dapatkan adalah alat pembuat kopi atau teh, akses internet atau WiFi,
dan layanan kebersihan yang selalu sedia setiap saat. Begitu pula dengan
tempat tidur dengan kualitas terbaik untuk menjaga kenyamanan para tamu
selama menginap.
Pelayanan prima dan fasilitas lain
Hotel bintang lima haruslah memberikan pelayanan yang prima untuk
memaksimalkan kepuasan para tamu. Para tamu juga bisa menikmati
fasilitas hotel lainnya, seperti sarana rekreasi dan olahraga, kolam
renang, bar, maupun restoran. Hotel harus memiliki sebuah lobi dan ruang
pertemuan yang dapat digunakan untuk keperluan bisnis maupun pertemuan
lainnya.
Fasilitas hotel lainnya yang bisa dinikmati dan digunakan oleh para
tamu adalah adanya spa atau pusat relaksasi dan kecantikan. Layanan
binatu juga terdapat dalam hotel bintang lima. Kemudian tersedia juga
fasilitas lain, seperti jasa antar jemput dari dan ke bandara terdekat.
Beberapa hotel terkadang juga menawarkan fasilitas tambahan berupa
pemandangan terbaik bagi para tamunya.
Lokasi dan lingkungan
Selain kelima hal di atas, hotel bintang lima juga sebaiknya berada
di lokasi yang strategis. Lokasi merupakan syarat yang paling penting
untuk memudahkan para tamu menuju hotel. Kriteria untuk lokasi dan
lingkungan hotel bintang lima haruslah mudah dicapai oleh kendaraan
pribadi maupun kendaraan umum, terutama untuk kendaraan roda empat.
Fasilitas Hotel
• Terletak dekat dengan Bandara Internasional Jakarta
• Gedung dengan shopping area
• Kedai kopi
• 24 jam in-room dining
• Pusat Bisnis
• Pusat Kebugaran
• Kolam Renang
• Pijat
• Akses internet Wi-Fi gratis
• Layanan Laundry and dry cleaning
• Layanan pembersih sepatu
• Baby sitting
• Meja pramutamu
• Penyewaan mobil
• Koran harian gratis
• Toko hadiah
• Tempat penukaran mata uang
• Parkir mobil outdoor
• 24-jam keamanan dan kamera CCTV
• Gratis Airport Shuttle 24 jam
• Gedung dengan shopping area
• Kedai kopi
• 24 jam in-room dining
• Pusat Bisnis
• Pusat Kebugaran
• Kolam Renang
• Pijat
• Akses internet Wi-Fi gratis
• Layanan Laundry and dry cleaning
• Layanan pembersih sepatu
• Baby sitting
• Meja pramutamu
• Penyewaan mobil
• Koran harian gratis
• Toko hadiah
• Tempat penukaran mata uang
• Parkir mobil outdoor
• 24-jam keamanan dan kamera CCTV
• Gratis Airport Shuttle 24 jam
Area Bagian Dalam (Indoor/Internal Area):
- FRONT OFFICE yaitu salah satu section yang berada di hotel yang berfungsi/ digunakan untuk proses penjualan kamar hotel,penerimaan tamu dengan/tanpa pemesanan bagi tamu.
- CORRIDOR yaitu gang atau jalan diantara ruang atau kamar yang berfungsi tempat sarana keluar masuknya tamu,staff hotel maupun yang lainnya.
- OFFICE (kantor-kantor) yaitu ruangan yang digunakan untuk proses administrasi hotel,yang terdiri dari executive office,accounting office,marketing office,back of the front office,FB office,human resources office,engeneering office,dan lainnya.
- MEETING ROOM yaitu lokasi/area yang digunkan untuk kegiatan pertemuan baik lingkup kecil maupun internasional.
- RESTAURANT merupakan fasilitas yang menyediakan layanan makanan dan minuman untuk tamu dalam maupun lua hotel.
- BAR merupakan fasilitas yang menyediakan layanan minuman baik alcohol maupun non alcohol.bar terdiri dari beberapa bagian :bar lounge,bar counter,dancing floor,dan bar display.
- SALON & SPA merupakan ruang yang menyediakan layanan kecantikan dan perawatan kecantikan,umumnya diengkapi dengan beberapa ruangan yang berbeda fungsi dan dilengkapi dengan ruang ganti,kamar mandi,meja penerimaan tamu,ruang tunggu,dan kolam perawatan.
- FITNESS CENTER, ruang ini digunakan untuk kegiatan kebugaran tubuh dengan meggunkan alat atau tanpa alat Bantu.
- DRUG STORE merupkan ruang yang menyediakan sarana-sarana keperluan tamu yang bersifat sederhana misalnya obat-obatan untuk menghilangkan rasa nyeri,kelengkapan wanita dan lainya.
- ARCADES merupakan ruangan-ruangan yang disediakan oleh hotel untuk disewakan kepada kantor perwakilan suatu instansi atau took laiinya
- EMPLOYEE AREA yaitu lokasi/area yang digunakan oleh karyawan untuk beristirahat.ruangan ini terdiri dari ruang ganti (locker),toilet,ruang makan (employee dining room).
Area Bagian Luar (Outdoor/External Area):
- KOLAM RENANG merupakan sarana yang disediakan pihak hotel bagi yang ingin berenang.
- SARANA PARKIR merupakan area yang digunakan untuk memarkir kendaraan tamu.
- AREA BERMAIN ANAK merrupakan tempat yang disediakan oleh hotel bagitamu yang membawa anak-anak mereka,sehingga anak-anak tersebut dapat bermain dan bersosialisasi.
Demikian Penjelasan Tentang Fasilitas Yang Ada di Hotel Dari Area Bagian Dalam (Indoor/Internal Area) dan Area Bagian Luar (Outdoor/External Area). Semoga Bermanfaat