Pengertian Houseman - Peranan Houseman, Teknik dan Prosedur, Job Description Houseman Beserta Pelaksanaan Tugas dan Tanggung Jawab Houseman Section

Admin
0
Materi Tentang Houseman Secara Lengkap. Via :Ajar.id

Pengertian Houseman

Menurut Jhon M . Echlos dan Hassan Shadly, 1976 : 305 dan 371, Houseman berasal dari kata house yang berarti rumah, sedangkan man berarti laki- laki. Houseman adalah seorang laki-laki yang bertugas dan bertanggung jawab menjaga, merawat, membersihka , dan menata lingkungan/halaman yang ada diluar maupun didalam hotel. Pengertian Houseman adalah Petugas dan penanggung jawab untuk menjaga , merawat , membersihkan , dan menata area umum yang ada di Hotel

Tugas dan fungsi Houseman

Penataan dan pembersihan sangat penting diperhatikan oleh pihak hotel khususnya section yang menangani atau yang bertanggung jawab akan hal ini adalah Housekeeping departemen , dimana departement ini bertugas dan bertanggung jawab akan kebersihan, merawa, mengatur serta menjaga seluruh area hotel baik yang ada didalam hotel maupun yang ada diluar hotel, karena hotel dikatakan rapi dan nyaman apabila hotel tersebut bagus dalam segi pengaturan atau penataan interior yang sesuai atau serasi serta pemeliharaan dan kebersihannya.

Semua elemen ini dapat dilihat di hotel, terutama area lobby, yang berfungsi sebagai pintu masuk ke hotel. Oleh karena itu, area ini harus ditata dengan baik dan sesuai dengan tampilannya. Di mana suatu benda atau interventaris ditempatkan sesuai dengan keadaan ruangan dan diwarnai dengan warna yang tidak terlalu mencolok untuk memberikan rasa sejuk, sehingga terlihat seserasian dan keseimbangan antara warna dan penataan benda. Selain itu, di area lobby terdapat beberapa set kursi dan couch dengan meja yang masing-masing dilengkapi dengan rak kecil yang berisi koran dan majalah, sehingga membuat tamu merasa nyaman dan tidak jenuh. Untuk menambah keindahan lobby oleh Housekeeping.
yang ada di Hotel  meletakan benda atau perlengkapan / inventaris yang kecil tetapi memiliki nilai seni yang tinggi seperti :
  1. Pot/vas bunga
  2. Tanaman hias
  3. Lukisan
  4. Sofa/kursi warna warni

Penataan ruangan yang baik dan menarik serta suasana yang tenang dan kondisi yang bersih, akan membuat daya tarik yang indah dengan nuansa yang membuat jiwa dan pikiran yang jernih dan tenang bagi para pengguna Lobby area tersebut. Houseman adalah seksi yang bertugas dan bertanggung jawab penuh akan kebersihan dan di seluruh area hotel khususnya public area kecuali , Kamar seperti. Lobby area, Corridor Locker Karyawan, Office, Restaurant, Bar dan lainnya. Oleh karna itu diperlukan tenaga – tenaga yang profesional mengingat area kerjannya yang begitu luas.
Karena luasnya area kerjanya serta tempatnya yang berbeda – beda dan harus selesai tepat waktu, setiap Houseman harus bekerja secara profesional  sesuai dengan prosedure kerja dan bagaimana cara melaksanakan pekerjaantersebut dengan tepat pada waktunya serta area tersebut dalam keadaan bersih dan rapi


Peranan Houseman

Peranan Houseman Section antara lain sebagai berikut :
  1. Menangani pembersihan dan penataan area umum ( Public Area ), dengan bersikap berpengetahuan dan berketerampilan agar dapat melaksanakan tugas-tugas dengan baik.
  2. Memperlihatkan suatu citra yang baik di mata tamu merasa puas sesuai dengan Prosedure kerja.

Teknik dan Prosedur Houseman Section yang ada di hotel

Seorang houseman harus mengikuti langkah – langkah berikut ini saat melakukan proses pembersihan :
  1. Identifikasikan dan tentukan daerah yang perlu dibersihkan dan dikerjakan.
  2. Informasikan pada bagian yang bertanggung jawab bila pembersihan di harapkan untuk segera di kerjakan.
  3. Kumpulkan dan periksa bahan, peralatan, perlengkapan pembersih.
  4. Siapkan alat dan bahan pembersih sesuai keadaan objek yang akan dibersihkan.
  5. Lakukan pekerjaan dengan prinsip searah jarum jam jika objek di ruangan.
  6. Bekerjalah dengan menggunakan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja.
  7. Menggunakan bahan pembersih yang lunak sebelum menggunakan bahan pembersih yang keras/kuat (sesuai dengan tingkat pengotorannya)
  8. Pasang rambu – rambu (wet caution) jika sedang membersihkan daerah umum untuk menghindari resiko bahaya terpeleset akibat lantai basah atau kejatuhan air karena over head cleaning.
  9. Selalu memeriksa kembali area/lokasi yang dibersihkan sebelum meniggalkan area.
  10. Mengembalikan alat – alat pembersih dan chemical ke dalam gudang

Job Description Houseman

Houseman supervisor
  1. Membuat schedule untuk houseman.
  2. Memimpin, melatih, mengawasi dan mengecek hasil pekerjaan houseman, garderner dan swimming pool attendant.
  3. Mengecek kebersihan dan keindahan di area hotel
  4. Merencanakan dan membuat schedule untuk general cleaning.
  5. Mengecek penggunaan housekeeping equipment, cleaning supplies dan lainnya.
  6. Melaporkan langsung ke atasan apabila ada kerusakan serta kehilangan.
  7. Merubah susunan tanaman yang tidak sesuai.
  8. Mendidik dan melatih pegawai atau traine baru apabila ada.
 Houseman attandent
  1. Melakukan handing over dengan shift morning, evening, night cleaner pada saat menyelesaikan tugas.
  2. Memberikan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.
  3. Melakukan dusting di tangga, furniture, public area.
  4. Membersihkan, sampah, lantai dengan sweeping dan mopping, kaca dan jendela di lobby, toilet dan area lainnya.
  5. Membersihkan restoran setelah makan pagi, siang dan malam.
  6. Membersihkan back office, setelah office hour dan employeed room, corridor, dan locker.
  7. Membantu membuang seluruh sampah yang ada di station.
  8. Menjaga kondisi meeting room agar tetap dalam keadaan rapi dan bersih.
  9. Mengikuti berifieng setiap hari.

Gardener

  1.  Mengelola tanah
  2. Memupuk
  3. Merawat tanaman dan menyiraminya setiap pagi hari.
  4. Mengatur penempatan dan pemeliharaan tanaman

Trainer

Bertugas untuk membantu para senior khususnya houseman dalam pelaksanaan tugas sehari – hari terutama pada saat membersihkan area – area yang telah di tentukan sperti : lobby,
corridor, toilet, meeting room, dan restoran.

Persiapan houseman section sebelum melaksanakan tugas dan tanggung jawab

Areal umum Hotel Sheraton Senggigi Beach Resort : 
  1. Lobby
  2. Corridor
  3. Restaurant
  4. Toilet
  5. Meeting Room
Sebelum melaksanakan kegiatan / memulai bekerja hendaknya petugas Houseman terlebih dahulu menyiapkan peralatan serta chemichal- chemichal yang sesuai dengan fungsi dan penggunaanya , berikut ini macam – macam chemichal serta peralatan – peralatan yang digunakan oleh Houseman section di Hotel :
Chemichal :
  1. Air Freshner merupakan obat pengharum ruangan.
  2. Bolt MPC ( Multi Purpose Cleanear ) merupakan obat serba guna yang dapat dipakai untuk membersihkan semua perlengkapan : meja , kursi , kaca , dan untuk pembersih kamar mandi.
  3. Glass clenear obat ini digunakan untuk pembersih kaca dan berwarna biru.
  4. Cream poliz untuk membersihkan staninless.
  5. Furniture polish digunakan untuk membersihkan prabotan yang bersal dari kayu.
  6. Detergent atau sabun bubuk digunakan untuk pembersihan kotoran pada permukaan berbahan kain.
  7. Liquid hand soap merupakan sabun pencuci tangan yang tidak menimbulkan endapan pada wastafel/washbashin.
  8. Bathklin merupakan obat untuk membersihkan toilet bowl.
  9. Floor clenear untuk membersihkan lantai.
  10. Cong R-dust untuk membersihkan lantai marmer.

 Jumlah Tenaga Houseman

Jumlah tenaga kerja Houseman terdiri dari 4 – 5 staf dalam melaksanakan tugas sehari- hari Houseman beroprasi selama 24 jam,maka pihak manajemen di Hotel t membagi shift Houseman menjadi 3 bagian atau lebih dikenal dengan 3 shift yaitu :43
  1. Morning shift : 07.00 -15.00
  2. Evenning shift : 15.00 – 23.00
  3. Night shift : 23.00 – 07.00

Alat-alat pembersih manual :

  1. Broom ( sapu ) digunakan untuk menyapu debu atau sampah pada permukaan- permukaan lantai dan pada anak tangga.
  2. Dust Pan (serok bertangkai) digunakan untuk mengumpulkan sisa – sisa dari kotoran yang telah di sapu.
  3. Head mop dan Stick mop ( alat pengepel lantai ) terdiri dari gagang ,jepitan kain pel dan untaian sumbu pel.mop dipakai untuk mengepel dari sudut bagian dalam kearah pintu.ada beberapa macam mop diantarannya adalah wet mop , yaitu kain dalam keadaan kering , dipakai untuk mengelap permukaan lantai yang kerap kali dilewati tamu.
  4. Ember untuk membawa air atau bahan – bahan pembersih lainnya.
  5. Glass wiper / squeze ( alat pembersih kaca ) ,wipe terbuat dari karet yang pipih,dijepit oleh plat pendek dan gagangnya ada yang pendek dan panjang , digunakan untuk menarik air yang ada di kaca dan lantai.
  6. Bottle sprayer dipakai untuk menaruh chemichal.
  7. Scot bright/ sponge ( karet busa ) dipakai untuk mengosok – gosok kaca dan lainnya.
  8. Dust cloth ( serbet/kain) berfungsi untuk melakukan teknik dusting dengan syarat kebersihan dan kelembapan selalu terjaga.
  9. Hand brush ( sikat tangan ) untuk membersihkan dinding atau lantai kamar mandi.
  10. Toilet bowl brush sikat pembersih jamban.
  11. Waste basket / garbage bag yang berfungsi untuk menaruh sampah.

Alat-alat pembersih Machine

  1. Vaccum Clenear ( alat penghisap debu ) yaitu untuk menghisap debu dan kotoran – kotoran kecil pada lantai dan karpet.
  2. Blower yaitu alat yang digunakan untuk mengeringkan karpet yang baru selesai di cuci.
  3. Buffing machine digunakan untuk mengkilapkan/menghaluskan antai.
  4. Shampoing carpet machine digunakan untuk mencuci karpet
  5. Polishing machine digunakan untuk mengcristalisasi lantai yang terbuat dari marmer.

Pelaksanaan Tugas dan Tanggung Jawab Houseman Section

  1. Melakukan handing over dengan shift morning, evening, night cleaner pada saat menyelesaikan tugas.
  2. Memberikan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.
  3. Melakukan dusting di tangga, furniture, public area.
  4. Membersihkan, sampah, lantai dengan sweeping dan mopping, kaca dan jendela di lobby, toilet dan area lainnya.
  5. Membersihkan restoran setelah makan pagi, siang dan malam.
  6. Membersihkan back office, setelah office hour dan employeed room, corridor, dan locker.
  7. Membantu membuang seluruh sampah yang ada di station.
  8. Menjaga kondisi meeting room agar tetap dalam keadaan rapi dan bersih.
  9. Mengikuti berifieng setiap hari.
Penataan dan pembersihan sangat penting diperhatikan oleh pihak hotel khususnya section yang menangani atau yang bertanggung jawab akan hal ini adalah Housekeeping departement , dimana departement ini bertugas dan bertanggung jawab akan kebersihan , merawat , mengatur serta menjaga seluruh areal hotel dikatakan rapi dan nyaman apabila hotel tersebut bagus dalam segi pengaturan atau penataan interior yang sesuai atau serasi serta pemeliharaan dan kebersihannya.

Jumlah Staff Houseman


Dalam melaksanakan tugasnya sehari – hari Houseman beroprasi selama 24 jam , maka pihak manajemen hotel membagi shift Houseman dalam 3 shift yaitu
  1. Morning shift : 07.00 – 15.00
  2. Evening shift : 15.00 – 23.00
  3. Night shift : 23.00 – 07.00 (Khusus untuk karyawan)
Houseman yang bekerja pda pagi hari mempunyai tugas dan tanggung jawab terhadap kebersihan serta kebersihan serta penataan pada areal yang ada di Hotel adalah :
  1. Lobby
  2. Corridor
  3. Restaurant
  4. Toilet
  5. Meeting Room
Dengan area tugas yang luas terkadang ada pekerjaan yang diperlukan untuk dibersihkan dan ini menjadi beban atau tambahan bagi petugas Houseman yang bekerja pada shift kedua ( evening shift ). Dimana pada saat morning shift pihak hotel hanya mengandalkan satu orang petugas Houseman , oleh karna itu petugas Houseman tersebut harus pandai - pandai bagaimana cara mengerjakan semua area tersebut dengan tepat waktu dan tanpa ada yang terlupakan , sehingga semua area dapat dibersihkan tetapi , area yang sangat vital atau yang butuh perhatian khusus adalah lobby area karena area ini adalah tempat keluar masuknya  tamu dan tempat para tamu menerima tamunnya dari luar hotel , sehingga area lobby ini harus tetap dalam keadaan bersih dan rapi.

Oleh karna itu dengan mengandalkan satu orang saja akan banyak menimbulkan permasalahan dilihat dari banyaknnya area kerja dari Houseman , sehingga ada saja area yang terlupakan untuk di bersihkan sedangkan seluruh area umum tersebut sangat besar pengaruhnnya , seperti pada saat tamu akan masuk toilet baik itu restaurant maupun toilet di Lobby banyak diatara mereka menemukan wash basin dalam keadaan basah serta lantai yang becek dan kotoran yang berserakan sehingga mengakibatkan tamu tersebut akan kecewa dan merasa tidak nyaman menggunakan toilet/wash basin tersebut , serta ditemukannya coriddor- corridor yang masih dalam keadaan kotor dan berdebu. Tidak menutup kemungkinan tamu- tamu yang menginap tersebut akan complaint akan hal tersebut , mengingat mereka datang dan tinggal di hotel untuk mendapatkan pelayanan serta kenyamanan dengan suasana serta lingkungan hotel yang bersih dan rapi. Sehingga petugas Houseman sangat membutuhkan bantuan tenaga tambahan atau tenaga bantuan yaitu dengan cara meminta kepada pihak manajemen hotel untuk pengadaan trainning untuk menambah petugas Houseman khususnya , dimana para trainning tersebut bekerja atau membantu petugas houseman dalam jangka waktu yang telah disampaikan.



Dengan adanya trainning , petugas Houseman sangat terbantu oleh mereka , karena petugas tersebut tidak lagi meninggalkan atau melupakan satu area pun sehingga pada saat tiba waktu Houseman evenning shift masuk,tidak ada lagi area maupun tugas tambahan bagi petugas evening shift. Tetapi bila tidak ada trainning maka hal tersebut akan terjadi kembali menginggat mereka hanya membantu/bekerja untuk sementara waktu , oleh karena itu hendaknya pihak manajemen hotel segera mengambil tindakan dengan cara perekrutan atau penambahan karyawan khususnya di Houseman pada morning shift , sehingga hal – hal tersebut diatas tidak akan terjadi dengan pembagian kerja sebagai berikut :
  1. Petugas Houseman pertama khusus bertugas dan bertanggung jawab menjaga kebersihan dan kerapian lobby dimana di lobby terdapat berbagai macam perlengkapan seperti vas , meja, rak dan lain sebagainya dan restaurant untuk penataan kursi, meja serta pada waktu  launch untuk menjaga agar tetap rapi dan bersih.
  2. Petugas Houseman kedua bertugas dan bertanggung jawab menjaga kebersihan dan kerapian pada area umum lainnya seperti corridor terdapat tangga dan penataan tempat meeting atau ballroom dimana di dalamnya yang akan di tata seperti kursi, meja dan letak strategis untuk panggung agar dapat sesuai dengan apa yang diinginkan pemesan.
  3. Petugas Houseman ketiga bertugas untuk membersihkan atau mengecek kembali pekerjaan seperti kontrol toilet dan vacum di area lobby yang belum terselesaikan, serta menunggu request tamu.
Upaya – upaya yang dilakukan houseman dalam mengatasi masalah masalah antara lain sebagai berikut :
  1. Selalu mengecek kembali sebelum meninggalkan area yang telah di bersihkan.
  2. Supervisor harus memantau pekerjaan secara langsung untuk meminimalisir terjadinya permasalahan seperti diatas.
  3. Karyawan harus mengikuti standart opersional yang ada di hotel.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian Houseman - Peranan Houseman, Teknik dan Prosedur, Job Description Houseman Beserta Pelaksanaan Tugas dan Tanggung Jawab Houseman Section. Semoga Bermanfaat

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close