Struktur Organisasi Hotel
Adapun struktur organisasi yang dimiliki oleh Hotel adalah sebagai berikut :
Job Description di Setiap Posisi Yang Bekerja di Hotel
General Manager
Job deskripsi:
- Bekerja sama dengan pihak luar dalam penjualan produk hotel.
- Secara rutin memeriksa standar servis yang telah diberikan oleh hotel.
- Memberikan kesan yang baik kepada setiap tamu terutama VIP guest.
- Bertanggung jawab penuh kepada owner.
- Menangani keluhan tamu yang tidak mampu ditangani oleh department head/MOD.
- Membuat keputusan dan membuat rencana cara mengatur hotel.
- Membuat aturan, kebijakan, dan keputusan dalam prosedur operasional hotel.
Baca Juga: Pengertian Hotel Menurut Para Ahli - Fungsi Hotel Beserta Perananya Secara Lengkap
Executive Secretary
Job deskripsi:
- Menerima semua pesan dan segera menyampaikanny ke GM
- Membantu mengerjakan pekerjaan GM saat GM tidak ada di tempat.
- Menerima pesan dan segera menindak lanjuti.
- Mengecek semua surat yang masuk maupun yang keluar dan mencatatnya ke dalam agenda.
Room Division Manager
Job deskripsi:
- Secara rutin mengontrol pemesanan kamar.
- Secara rutin mengontrol serta meneliti standar servis mengenai penerimaan pelayanan informasi.
- Mengadakan koordinasi dengan department hesd ysng lain.
- Membuat statistik daftar tamu secara berkala.
- Memelihara ddan mempertahankan servis, standar, dan quality dari kamar di area hotel.
Accounting Manager
Job deskripsi:
- Mengatur keluar masuknya uang dalam hotel.
- Menginformasikan kepada sales & marketing manager bahwa ada agent/pihak yang telat dalam melakukan pembayaran.
- Meneliti kegiatan accounting staff dalam melaporkan hasil kerjanya.
- Melaporkan tutup buku untuk dilaporkan ke pusat.
- Bertanggung jawab atas pembuatan laporan bulanan dan tahunan sesuai dengan keperluan.
- Membina dan memonitor seksi-seksidi dalam lingkungan akunting.
Human Resources Department Manager
Job deskripsi:
- Mengadakan program pengembangan tenaga kerja bersama dengan GM.
- Mengontrol kontrak-kontrak, pengisian semua data hotel dan data nkaryawan agar tetap baru.
- Bekerja sama dengan seluruh department head.
- Menjalin hubungan baik dengan instansi pemerintah yang terkait degan hubungan ketenagakerjaan.
- Mengkoordinir dan melaksanakan program seperti: rekreasi, olah raga, kegiatan rutin keagamaan, kantin dan sebagainya.
- Mewakili managemen dalam memecahkan masalah terutama dengan SPSI.
- Mengusulkan kepada atasan mengenai sistem penggajian, memberikan motivas kepada karyawan, mengadakan kontrol upah, analisa pengupahan, job deskripsi, job evaluasi, dan analisa tenaga kerja.
- Mengontrol salary overtime, transportation, dan kesehatan.
- Mengusulkan kepada GM untuk bekerja sama dengan chief security untuk mengontrol area loker dan area parkir.
- Orientasi pengenalan kerja dan hotel bagi karyawan baru.
- Menyiapkan kontrak kerja dan membantu memecahkan masalah yang timbul.
- Melaksanakan dan mentaati tata tertib hotel.
- Melaksanakan tugas lain sesuai perintah atasan.
Executive Chef
Job deskripsi:
- Mengawasi mutu bahan makanan yang dipakai.
- Mengevaluasi program kerja staff.
- Menjaga standar mutu makanan.
- Menyusun program kerja dalam penyuluhan.
- Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja di kithen.
- Menjaga standar food cost.
- Mengawasi dan mengecek stock bahan makanan yang diperlukan.
F&B Manager
Job deskripsi:
- Bertanggung jawab atas kebersihan operasional dalam penyiapan dan penyajian makanan.
- Menyusun program staff.
- Mengawasi dan mengevaluasi rencana kerja dan penampilan staff.
- Melatih dan membimbing trainee.
- Berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan tamu.
- Menangani masalah keluhan tamu.
- Mengadakan pertemuan atau briefing secara rutin.
- Menetapkan menu, sistem penyajian strategi penjualan, mengarahkan penjualan, megarahkan pelaksanaan, dan menilai kebersihan.
- Meneliti, menyetujui standar portion size
- Mengawasi jalannya operasional kuhusunya dalam bidang pelayanan kepada tamu.
- Menetapkan jadwal operasional food & beverage outlet.
- Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.
Front Office Manager
Job deskripsi:
- Menyelesaikan pembayaran tamu.
- Menjual seluruh fasilitas hotel kepada tamu.
- Menyusun riwayat kunjungan tamu.
- Mencatat pembayaran tamu.
- Menangani barang-barang bawaan tamu.
- Melaporkan status kamar.
- Menangani informasi yang diperoleh dari dalam maupun dari luar hotel yang berhubungan dengan penjualan kamar.
- Menangani pesan, telepon, faximile, serta email.
- Mengkoordinasi pelayanan tamu.
Executive Housekeeper
Job deskripsi:
- Mengatsi masalah mengenai lost dan found.
- Melakukan control ke public.
- Melaksanakan house rules serta peraturan yang lain terhadap staffnya.
- Bertanggung jawab serta memelihara semua perlengkapan Tata Graha.
- Membuat budget.
- Menetapkan tugas, membina dan mengawasi.
- Mengadakan koordinasi dengan departement hotel yang lainnya.
- Memlihara dan mempertahankan serta mengontrol secara rutin service.
- Mentaati dan mematuhi peraturan hotel.
- Melaksanakan tugas lain sesuai perintah atasan.
Chief Engineering
Job deskripsi:
- Bertanggung jawab atas semua kelancaran di Engineering operation.
- Menyiapkan laporan-laporan yang di perlukan.
- Melatih dan mengawasi staff bawahan agar dapat bekerja secara efisien dan efektif.
- Memeriksa dan mengawasi bahwa seluruh work order dari semua department telah diatasi dengan baik.
- Melatih dan mengawasi crew, repair dan maintenance agar bekeja dengan efektif dalam memeliharaseluru hubungan dengan yang ada dalam hotel.
- Memelihara kebersihan, kesiapan mesin-mesin hotel secara teratur agar dapat dipastikan beroperasi dengan baik dan maksimal.
- Mematuhi peraturan dan mentati peraturan hotel.
- Melaksanakan tugas lain dari perintah atasan.
Demikian Penjelasan Tentang Struktur Organisasi Hotel dan Job Description Setiap Posisi Masing - Masing. Semoga Bermanfaat