Struktur Organisasi Hotel dan Job Description Setiap Posisi Masing - Masing Yang Harus di ketahui

Admin
0

Struktur Organisasi Hotel

Adapun struktur organisasi yang dimiliki oleh Hotel adalah sebagai berikut :


Job Description di Setiap Posisi Yang Bekerja di Hotel

General Manager

Job deskripsi:
  1. Bekerja sama dengan pihak luar dalam penjualan produk hotel.
  2. Secara rutin memeriksa standar servis yang telah diberikan oleh  hotel.
  3. Memberikan kesan yang baik kepada setiap tamu terutama VIP guest.
  4. Bertanggung jawab penuh kepada owner.
  5. Menangani keluhan tamu yang tidak mampu ditangani oleh department head/MOD.
  6. Membuat keputusan dan membuat rencana cara mengatur hotel.
  7. Membuat aturan, kebijakan, dan keputusan dalam prosedur operasional hotel.

Baca Juga: Pengertian Hotel Menurut Para Ahli - Fungsi Hotel Beserta Perananya Secara Lengkap


Executive Secretary

Job deskripsi:
  1. Menerima semua pesan dan segera menyampaikanny ke GM
  2. Membantu mengerjakan pekerjaan GM saat GM tidak ada di tempat.
  3. Menerima pesan dan segera menindak lanjuti.
  4. Mengecek semua surat yang masuk maupun yang keluar dan mencatatnya ke dalam agenda.

Room Division Manager

Job deskripsi:
  1. Secara rutin mengontrol pemesanan kamar.
  2. Secara rutin mengontrol serta meneliti standar servis mengenai penerimaan pelayanan informasi.
  3. Mengadakan koordinasi dengan department hesd ysng lain.
  4. Membuat statistik daftar tamu secara berkala.
  5. Memelihara ddan mempertahankan servis, standar, dan quality dari kamar di area hotel.

Accounting Manager

Job deskripsi:
  1. Mengatur keluar masuknya uang dalam hotel.
  2. Menginformasikan kepada sales & marketing manager bahwa ada agent/pihak yang telat dalam melakukan pembayaran.
  3. Meneliti kegiatan accounting staff dalam melaporkan hasil kerjanya.
  4. Melaporkan tutup buku untuk dilaporkan ke pusat.
  5. Bertanggung jawab atas pembuatan laporan bulanan dan tahunan sesuai dengan keperluan.
  6. Membina dan memonitor seksi-seksidi dalam lingkungan akunting.

Human Resources Department Manager

Job deskripsi:
  1. Mengadakan program pengembangan tenaga kerja bersama dengan GM.
  2. Mengontrol kontrak-kontrak, pengisian semua data hotel dan data nkaryawan agar tetap baru.
  3. Bekerja sama dengan seluruh department head.
  4. Menjalin hubungan baik dengan instansi pemerintah yang terkait degan hubungan ketenagakerjaan.
  5. Mengkoordinir dan melaksanakan program seperti: rekreasi, olah raga, kegiatan rutin keagamaan, kantin dan sebagainya.
  6. Mewakili managemen dalam memecahkan masalah terutama dengan SPSI.
  7. Mengusulkan kepada atasan mengenai sistem penggajian, memberikan motivas kepada karyawan, mengadakan kontrol upah, analisa pengupahan, job deskripsi, job evaluasi, dan analisa tenaga kerja.
  8. Mengontrol salary overtime, transportation, dan kesehatan.
  9. Mengusulkan kepada GM untuk bekerja sama dengan chief security untuk mengontrol area loker dan area parkir.
  10. Orientasi pengenalan kerja dan hotel bagi karyawan baru.
  11. Menyiapkan kontrak kerja dan membantu memecahkan masalah yang timbul.
  12. Melaksanakan dan mentaati tata tertib hotel.
  13. Melaksanakan tugas lain sesuai perintah atasan.

Executive Chef

Job deskripsi:
  1. Mengawasi mutu bahan makanan yang dipakai.
  2. Mengevaluasi program kerja staff.
  3. Menjaga standar mutu makanan.
  4. Menyusun program kerja dalam penyuluhan.
  5. Menjaga kesehatan dan keselamatan kerja di kithen.
  6. Menjaga standar food cost.
  7. Mengawasi dan mengecek stock bahan makanan yang diperlukan.

F&B Manager

Job deskripsi:
  1. Bertanggung jawab atas kebersihan operasional dalam penyiapan dan penyajian makanan.
  2. Menyusun program staff.
  3. Mengawasi dan mengevaluasi rencana kerja dan penampilan staff.
  4. Melatih dan membimbing trainee.
  5. Berkomunikasi dan menjalin hubungan baik dengan tamu.
  6. Menangani masalah keluhan tamu.
  7. Mengadakan pertemuan atau briefing secara rutin.
  8. Menetapkan menu, sistem penyajian strategi penjualan, mengarahkan penjualan, megarahkan pelaksanaan, dan menilai kebersihan.
  9. Meneliti, menyetujui standar portion size
  10. Mengawasi jalannya operasional kuhusunya dalam bidang pelayanan kepada tamu.
  11. Menetapkan jadwal operasional food & beverage outlet.
  12. Melaksanakan tugas lain yang diperintahkan atasan.

Front Office Manager

Job deskripsi:
  1. Menyelesaikan pembayaran tamu.
  2. Menjual seluruh fasilitas hotel kepada tamu.
  3. Menyusun riwayat kunjungan tamu.
  4. Mencatat pembayaran tamu.
  5. Menangani barang-barang bawaan tamu.
  6. Melaporkan status kamar.
  7. Menangani informasi yang diperoleh dari dalam maupun dari luar hotel yang berhubungan dengan penjualan kamar.
  8. Menangani pesan, telepon, faximile, serta email.
  9. Mengkoordinasi pelayanan tamu.

Executive Housekeeper

Job deskripsi:
  1. Mengatsi masalah mengenai lost dan found.
  2. Melakukan control ke public.
  3. Melaksanakan house rules serta peraturan yang lain terhadap staffnya.
  4. Bertanggung jawab serta memelihara semua perlengkapan Tata Graha.
  5. Membuat budget.
  6. Menetapkan tugas, membina dan mengawasi.
  7. Mengadakan koordinasi dengan departement hotel yang lainnya.
  8. Memlihara dan mempertahankan serta mengontrol secara rutin service.
  9. Mentaati dan mematuhi peraturan hotel.
  10. Melaksanakan tugas lain sesuai perintah atasan.

Chief Engineering

Job deskripsi:
  1. Bertanggung jawab atas semua kelancaran di Engineering operation.
  2. Menyiapkan laporan-laporan yang di perlukan.
  3. Melatih dan mengawasi staff bawahan agar dapat bekerja secara efisien dan efektif.
  4. Memeriksa dan mengawasi bahwa seluruh work order dari semua department telah diatasi dengan baik.
  5. Melatih dan mengawasi crew, repair dan maintenance agar bekeja dengan efektif dalam memeliharaseluru hubungan dengan yang ada dalam hotel.
  6. Memelihara kebersihan, kesiapan mesin-mesin hotel secara teratur agar dapat dipastikan beroperasi dengan baik dan maksimal.
  7. Mematuhi peraturan dan mentati peraturan hotel.
  8. Melaksanakan tugas lain dari perintah atasan.


Demikian Penjelasan Tentang Struktur Organisasi Hotel dan Job Description Setiap Posisi Masing - Masing. Semoga Bermanfaat

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close